10 Negara Diprediksi Terseret Perang Dunia III, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 14:21 WIB
loading...
A A A
"Konflik di Ukraina memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada yang terlihat, dan keterlibatan lebih lanjut dari negara-negara Barat dapat memicu konflik berskala lebih besar," kata Elena V Markova, pakar geopolitik, dalam European Journal of International Relations.

9. Taiwan


Medan Potensi Perang:

-Selat Taiwan: Taiwan bisa bergabung dengan AS dan sekutunya jika diinvasi China, dan konflik seketika berubah menjadi Perang Dunia III.

"Taiwan bukan hanya masalah regional; itu adalah isu global yang dapat memicu ketegangan militer antara kekuatan besar," kata Profesor Amanda Liu, pakar hubungan internasional, dalam analisanya di Asian Security Review.

10. Filipina


Medan Potensi Perang:

-Laut China Selatan: Filipina (negara tetangga Indonesia) dengan sokongan AS dan sekutunya bisa terseret dalam Perang Dunia III melawan China untuk memperebutkan wilayah sengketa di Laut China Selatan.

"Filipina, sebagai sekutu AS, dapat terjebak dalam ketegangan yang meningkat di Laut China Selatan, yang dapat menarik negara-negara besar ke dalam konflik," kata Ricardo P Santos, pakar studi Asia Tenggara, dalam Southeast Asian Studies Journal.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)