10 Negara Diprediksi Terseret Perang Dunia III, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 14:21 WIB
loading...
A A A
"Korea Utara memiliki potensi untuk memicu konflik berskala besar yang melibatkan banyak negara, terutama jika mereka melakukan provokasi yang salah," kata analis pertahanan Jennifer Chang dalam analisanya di Global Security Studies.

5. Korea Selatan


Medan Potensi Perang:

-Semenanjung Korea: Korea Selatan sudah hampir pasti didukung AS dan sekutunya jika kembali berperang melawan Korea Utara.

6. Iran


Medan Potensi Perang:

Timur Tengah: Iran berpotensi perang melawan AS, Inggris, Prancis, Jerman dan negara lain pendukung Israel jika konflik Teheran-Tel Aviv yang berakar dari krisis Gaza menjadi tidak terkendali.

"Iran memiliki kapasitas untuk memicu konflik di Timur Tengah yang dapat meluas ke keterlibatan kekuatan global, terutama jika program nuklirnya menjadi ancaman," kata Fatemeh S. Nasr, pakar studi Timur Tengah dalam analisanya di Middle Eastern Studies Quarterly.

7. Israel


Medan Potensi Perang:

Timur Tengah: Israel berpotensi perang dengan Iran dan proksinya, serta negara-negara Arab yang membela Palestina jika konflik saat ini semakin liar dan meluas. Namun, Israel juga didukung AS dan sekutu Barat.

"Konflik antara Israel dan Iran berpotensi menjadi pemicu untuk keterlibatan negara-negara besar, terutama jika konflik tersebut melibatkan serangan langsung," kata Profesor David Cohen, pakar keamanan internasional, dalam Journal of Security Studies.


8. Ukraina


Medan Potensi Perang:

-Ukraina: Perang Rusia di Ukraina bisa berubah menjadi Perang Dunia III jika AS dan sekutu NATO terlibat langsung dalam perang melawan Moskow. Ukraina sudah pasti ikut andil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)