Iran Tegaskan Serangan Rudalnya ke Israel Legal, Rasional, dan Sah

Rabu, 02 Oktober 2024 - 07:04 WIB
loading...
Iran Tegaskan Serangan...
Iran meluncurkan ratusan rudal balistik ke Israel. Foto/X
A A A
TEHERAN - Iran mengelar serangan rudal besar-besaran ke Israel pada Selasa (1/10/2024) seiring aksi militer Israel di Lebanon.

Serangan itu menjadi bentuk pembalasan atas pembunuhan Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dalam serangan besar-besaran di Beirut selatan, dan terjadi di tengah serangan lintas perbatasan Israel ke Lebanon.

Selama beberapa pekan terakhir, kaum konservatif dan moderat di dalam Iran mulai terbagi pendapat tentang bagaimana menanggapi pembunuhan Haniyeh oleh Israel saat pemimpin Hamas itu berada di Teheran, dan pembunuhan beberapa pemimpin Hizbullah termasuk Nasrallah.

Pembunuhan Haniyeh dianggap sebagai kegagalan keamanan utama bagi Iran, dengan Teheran tidak menanggapi pembunuhan itu selama berbulan-bulan.

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa membela operasi Iran pada hari Selasa, dengan mengatakan itu adalah "respons yang sah, rasional, dan sah terhadap tindakan teroris" yang dilakukan Israel.

"Jika rezim Zionis berani menanggapi atau melakukan tindakan jahat lebih lanjut, respons berikutnya yang menghancurkan akan terjadi. Negara-negara regional dan pendukung Zionis disarankan untuk berpisah dengan rezim tersebut," tegas misi Iran itu.

Dalam pernyataannya mengenai serangan rudal, IRGC juga memperingatkan Israel bahwa mereka akan menjadi sasaran lagi jika membalas.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller mengatakan bahwa "sama sekali tidak benar" bahwa Iran memberi AS peringatan.

"Kami menyerang jantung wilayah yang diduduki. Jika rezim Zionis mencoba menanggapi operasi Iran, mereka akan menghadapi tanggapan yang menghancurkan," tegas IRGC dalam pernyataannya.

Sementara itu, Perlawanan Islam di Irak, organisasi induk kelompok bersenjata Irak yang terkait dengan Iran, memperingatkan AS bahwa pangkalan militernya di Irak dan Timur Tengah akan menjadi sasaran jika Washington ikut serta dalam kemungkinan tanggapan Israel terhadap Iran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)