Pakistan Sambut Keinginan AS Lanjutkan Pembicaraan dengan Taliban

Minggu, 01 Desember 2019 - 18:52 WIB
Pakistan Sambut Keinginan AS Lanjutkan Pembicaraan dengan Taliban
Pakistan Sambut Keinginan AS Lanjutkan Pembicaraan dengan Taliban
A A A
ISLAMABAD - Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi menyambut baik pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengejar penyelesaian politik di Afghanistan dengan melanjutkan dialog dengan Taliban. Keinginan untuk melanjutkan dialog disampaikan Trump saat melakukan kunjungan mendadak ke Afghanistan.

"Trump terus berkeinginan untuk mengejar penyelesaian politik di Afghanistan dengan melanjutkan dialog dengan Taliban adalah perkembangan positif," kata Qureshi dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap pembicaraan antara AS dan Taliban akan segera dilanjutkan dan itu akan membantu dalam membangun perdamaian dan stabilitas di Afghanistan serta di kawasan itu," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (1/12/2019).

Menegaskan kembali dukungan negaranya, Qureshi mengatakan, Pakistan akan terus mendukung dan memfasilitasi proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kejutan untuk merayakan Hari Thanksgiving dengan pasukan Amerika di Afghanistan, Trump mengatakan, AS telah membuka kembali pembicaraan damai dengan Taliban.

"Taliban ingin membuat kesepakatan dan kami akan bertemu dengan mereka. Kami mengatakan itu harus gencatan senjata dan mereka tidak ingin melakukan gencatan senjata dan sekarang mereka ingin melakukan gencatan senjata, saya percaya. Mungkin akan berhasil seperti itu," katanya.

Trump memutuskan untuk meghentikan pembicaraan pada bulan September, setelah kelompok militan mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Kabul yang menewaskan 12 orang, termasuk seorang prajurit Amerika.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)