China: Kebijakan Sepihak AS Bikin Timur Tengah Terus Bergejolak

Rabu, 27 November 2019 - 17:15 WIB
China: Kebijakan Sepihak AS Bikin Timur Tengah Terus Bergejolak
China: Kebijakan Sepihak AS Bikin Timur Tengah Terus Bergejolak
A A A
BEIJING - Timur Tengah tetap bergejolak, tetapi "kebijakan sepihak" yang dilakukan Amerika Serikat (AS) hanya terus memperburuk krisis di kawasan itu. Hal itu dikatakan oleh Asisten Menteri Luar Negeri China, Chen Xiaodong, saat berbicara dalam acara Forum Keamanan Timur Tengah di Beijing.

"Amerika Serikat, yang memiliki pengaruh luar biasa di Timur Tengah, mengejar kebijakan egois dan sepihak yang menguntungkan yang kuat dengan mengorbankan yang lemah, yang tetap menjadi faktor utama dalam situasi keamanan sulit yang terlihat di kawasan itu," kata Chen seperti dilansir dari Sputnik, Rabu (27/11/2019).

Chen menambahkan bahwa situasi di Timur Tengah saat ini adalah hasil dari banyak faktor yang berbeda, termasuk perbedaan etnis, agama dan geopolitik.

"Situasi di Timur Tengah saat ini jauh dari damai. Ketegangan di hotspot meningkat, sementara ketidakstabilan politik dan krisis terus membahayakan sejumlah negara di kawasan ini," urainya.

Asisten Menteri menekankan bahwa perdamaian global akan tetap menjadi ilusi jika konflik di Timur Tengah berlanjut.

Forum Keamanan Timur Tengah diselenggarakan oleh Institut Studi Internasional China di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing pada 27-28 November. Lebih dari 200 tamu dari lebih dari 30 negara dan organisasi internasional, termasuk China, Rusia, AS, Turki, Iran, dan Uni Eropa menghadiri forum tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5137 seconds (0.1#10.140)