Pompeo: Jika China Kirim Senjata ke Iran, Timur Tengah akan Terguncang

loading...
Pompeo: Jika China Kirim Senjata ke Iran, Timur Tengah akan Terguncang
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, jika China mempersenjatai dan membiayai Iran, itu akan mengguncang Timur Tengah. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo memperingatkan kemungkinan China mengirim senjata ke Iran. Pompeo mengatakan, jika China mempersenjatai dan membiayai Iran, itu akan mengguncang Timur Tengah.

"Masuknya China ke Iran akan mengguncang Timur Tengah," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (9/8/2020). (Baca juga: Gagal Gulingkan Maduro, 2 Mantan Tentara AS Divonis 20 Tahun Penjara)

"Iran tetap menjadi negara sponsor teror terbesar di dunia dan untuk memiliki akses ke sistem persenjataan dan perdagangan serta uang yang mengalir dari Partai Komunis China hanya menambah risiko untuk wilayah itu," sambungnya.

Tengah pekan ini, Pompeo mengatakan, AS akan memperkenalkan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB untuk memperpanjang embargo senjata PBB terhadap Iran. Embargo senjata terhadap Iran akan berakhir bulan Oktober mendatang.



Pompeo mengatakan, tindakan itu sangat masuk akal dan bersumpah dengan satu atau lain cara, AS akan melakukan hal yang benar, yakni mencegah Iran untuk mendapatkan senjata. (Baca juga: SpaceX dan ULA Terpilih Terbangkan Satelit AS)

Dia mengatakan, akan ada negara-negara yang berbaris untuk menjual senjata Iran yang akan mengguncang Timur Tengah dan menempatkan Israel, Eropa dalam risiko, serta mempertaruhkan nyawa warga AS.

"Misi DK PBB adalah untuk memastikan perdamaian dan keamanan internasional. DK PBB akan melecehkan misi itu jika mengizinkan sejumlah negara sponsor terorisme untuk membeli dan menjual senjata secara bebas," ujarnya.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top