Persenjataan dan Terowongan Bawah Tanah Hizbullah Ancaman Besar bagi Israel

Kamis, 26 September 2024 - 13:44 WIB
loading...
Persenjataan dan Terowongan...
Para pakar pertahanan menyatakan persenjataan sangat banyak dan jaringan terowongan sangat besar Hizbullah Lebanon menjadi ancaman besar bagi Israel. Foto/Palestine Chronicle
A A A
TEL AVIV - Dengan jaringan terowongan bawah tanah yang sangat besar dan persenjataan yang sangat banyak, kelompok Hizbullah Lebanon menimbulkan ancaman besar bagi Israel.

Itu disampaikan para pakar pertahanan kepada Al Arabiya English, tanpa mengabaikan Mossad yang terkenal memiliki taktik intelijen canggih.

Pada Senin lalu, Israel memperluas serangan udaranya terhadap apa yang disebutnya sebagai target Hizbullah di wilayah selatan dan timur Lebanon.

Sedangkan Hizbullah pada Rabu mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan rudal yang ditujukan ke apa yang mereka klaim sebagai markas besar badan mata-mata Mossad di dekat Tel Aviv.



Mossad, kata Hizbullah, telah mengatur pembunuhan para pemimpin kelompok milisi pro-Iran tersebut dan menyabotase peralatan komunikasi yang digunakan oleh para anggota Hizbullah setelah ledakan pager dan walkie-talkie massal di Lebanon pekan lalu.

Insiden-insiden tersebut telah menandai peningkatan ketegangan yang signifikan antara kedua musuh bebuyutan ini, meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik yang telah berlangsung hampir setahun ini dapat meningkat lebih jauh, mengancam stabilitas di Timur Tengah yang lebih luas, tempat perang antara Hamas dan Israel telah berkecamuk di Gaza.

Boaz Shapira, seorang peneliti di Alma—sebuah lembaga think tank Israel yang mengkhususkan diri pada Hizbullah, mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa Israel belum menargetkan sebagian besar jajaran strategis Hizbullah.

"Ini termasuk roket jarak jauh, rudal berpemandu presisi, UAV, rudal jelajah, sistem antipesawat, rudal antikapal, dan sebagainya," kata Shapira, yang dilansir Kamis (26/9/2024).

"Juga, Israel belum melakukan serangan signifikan di Beirut terhadap target Hizbullah (ada banyak roket jarak jauh, rudal berpemandu presisi, dan markas besar). Selain itu, sebagian besar personel Hizbullah yang menjadi target sejauh ini berasal dari sayap militer," paparnya.

Potensi Eskalasi Lebih Lanjut


Shapira mengatakan eskalasi lebih lanjut, bagaimanapun, mungkin terjadi. "Dan dapat mencakup personel dari cabang 'sipil' seperti anggota Dewan Syura, anggota Parlemen, orang-orang yang terkait dengan perbankan, kesehatan, dan sistem pendidikan Hizbullah, dan lain-lain."

Dia memperingatkan bahwa eskalasi lain yang mungkin terjadi adalah penargetan infrastruktur sipil yang digunakan oleh Hizbullah. "Seperti bandara Beirut, pelabuhan laut, pembangkit listrik," ujarnya.



Menurut militer Israel pada Selasa, puluhan target Hizbullah diserang selama operasi pada Senin malam. Serangan ini menyusul serangan udara sebelumnya terhadap kelompok tersebut yang, menurut pejabat Lebanon, menewaskan sedikitnya 558 orang dan memaksa puluhan ribu lainnya meninggalkan rumah mereka.

"Jelas dari jumlah sumber daya yang dikerahkan ke arena Lebanon dalam dua dekade terakhir, yang memungkinkan Israel memperoleh informasi intelijen yang belum pernah terjadi sebelumnya tentang Hizbullah bahwa Israel tidak meremehkan ancaman kelompok bersenjata tersebut," kata Shapira.

Menurutnya, Hizbullah telah dianggap sebagai salah satu kelompok milisi non-negara yang paling bersenjata lengkap di dunia.

Menurut peneliti tersebut, sementara tentara Israel mengikuti rencana tertentu, Hizbullah menimbulkan ancaman serius bagi Israel dan masih banyak yang perlu dilakukan untuk menghilangkan ancaman itu.

“Setiap komandan, markas besar, rudal, roket, dan UAV yang disingkirkan sekarang akan membuat posisi Israel lebih baik di masa mendatang, baik itu invasi darat atau solusi diplomatik,” kata Shapira.

“Lebih sedikit aset Hizbullah akan menimbulkan lebih sedikit ancaman bagi warga sipil Israel tetapi juga akan membuat manuver darat lebih mudah.”

Matthew Savill, direktur ilmu militer di Royal United Services Institute (RUSI), mengatakan kepada Al Arabiya English: "Israel sangat menyadari risiko meremehkan Hizbullah mengingat kenangan Perang Lebanon 2006, dan tampaknya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun membangun mesin pengumpulan dan analisis intelijen yang canggih untuk mencoba dan memetakan keseluruhan ancaman Hizbullah tersebut."

“Kita dapat melihat ini dari sejauh mana mereka mampu menembus Hizbullah untuk melakukan serangan ‘pager’, dan kecepatan mereka menargetkan peluncur roket dan lokasi penyimpanan rudal, bersama dengan skala besar serangan udara yang diluncurkan dalam empat hari terakhir saja. Meskipun demikian, persenjataan Hizbullah dipahami sangat luas, dan sebagian besarnya dikubur/disimpan di tempat yang jauh lebih sulit diserang (meskipun ini tidak berarti semuanya dapat digunakan, dan masih harus diekspos untuk diluncurkan)," paparnya.

Raphael S Cohen, ilmuwan politik senior dan direktur Strategy & Doctrine Program di RAND’s Project AIR FORCE, menggambarkan Hizbullah sebagai “pasukan yang tangguh".

“Di pihak Hizbullah, saya berekspektasi kelompok itu akan melakukan lebih banyak serangan ke Tel Aviv dan Israel tengah,” katanya.

“Roket tadi hanya satu—bukan satu tembakan—jadi kemungkinan lebih merupakan peringatan. Dugaan saya kelompok itu kemungkinan akan meningkatkan serangannya dari sana. Sebaliknya, Israel telah memberi isyarat bahwa meskipun tindakan itu tetap kurang diinginkan, Israel akan mengejar opsi darat, kecuali Hizbullah menyetujui gencatan senjata yang memungkinkan penduduk Israel untuk kembali ke rumah mereka di Israel utara," papar Cohen.

Cohen mengatakan dia tidak berpikir orang-orang Israel akan pernah meremehkan Hizbullah.

“Sejak Perang Lebanon 2006, sebagian besar pejabat keamanan Israel yang saya wawancarai selama bertahun-tahun menganggapnya sebagai musuh militer yang tangguh,” jelasnya.

“Dan sebagian alasan mengapa Israel menggunakan taktik militer yang canggih ini—mulai dari serangan pager hingga penargetan tepat terhadap militan senior Hizbullah—adalah karena Israel memahami bahwa Hizbullah adalah lawan yang tangguh.”

Menurut Shapira, tampaknya Israel telah mempersiapkan diri untuk perang dengan Hizbullah. "Dan kemungkinan memiliki lebih banyak kejutan di balik lengan baju mereka, termasuk invasi darat," katanya.

"[Invasi darat] adalah pilihan yang sangat realistis—meskipun tampaknya Amerika Serikat dan negara-negara lain sangat khawatir dengan skenario itu," katanya.

"Alasan utama untuk kemungkinan manuver darat adalah bahwa Hizbullah telah menyatakan berulang kali bahwa mereka tidak akan berhenti menyerang Israel selama Israel beroperasi di Gaza."

“Tujuan Israel adalah membawa pulang lebih dari 60.000 warga sipil yang harus meninggalkan rumah mereka karena serangan Hizbullah sejak 8 Oktober dengan selamat. Ancaman yang ditimbulkan Hizbullah bukanlah sesuatu yang dapat diterima Israel, dan jika Hizbullah tidak menyingkirkan ancaman ini, Israel tidak punya pilihan selain melakukannya sendiri," imbuh dia.

Savill yakin Israel akan mencoba dan mengurangi perlunya invasi darat.

“Saya akan mengatakan bahwa jika Israel ingin mengurangi ancaman terhadap Israel utara, serangan darat diperlukan (ini tidak akan bisa mendapatkan roket balistik dan jarak jauh, yang dapat diluncurkan dari utara Litani). Namun dari tampilan gelombang serangan udara saat ini, mereka mencoba untuk memukul Hizbullah cukup keras untuk mengurangi perlunya operasi di darat—yang akan sulit dan berdarah, mengingat persiapan Hizbullah untuk bertempur sebagai pasukan gerilya. Sebenarnya, saya tidak tahu," terangnya.

Cohen mengatakan dia yakin Israel tahu bahwa serangan darat ke Lebanon akan berdarah—dan merupakan urusan yang panjang.

"Jadi jika dapat menghindari operasi semacam itu, Israel akan mencoba. Meski demikian, Israel mungkin akan memilih opsi darat, jika mereka berpikir bahwa perang darat adalah satu-satunya pilihan untuk menghentikan penembakan di Israel utara dan untuk mendorong Hizbullah kembali ke Sungai Litani sesuai dengan resolusi DK PBB 1701," kata Cohen.

Medan Menantang Lebanon Jadi Ancaman Israel


Namun, Shapira juga memperingatkan bahwa Hizbullah memiliki keuntungan strategis jika terjadi invasi darat karena medan Lebanon yang "menantang" yang akan menimbulkan kesulitan bagi pasukan penyerang mana pun.

"Medannya di Lebanon sangat menantang. Daerahnya sangat bergunung-gunung, dengan vegetasi yang lebat dan populasi yang tidak terlalu padat seperti di Gaza," kata Shapira.

"Juga, musim dingin di Lebanon merupakan faktor penting lainnya. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah dukungan yang diperoleh Hizbullah dari populasi Syiah di Lebanon selatan. IDF [Pasukan Pertahanan Israel] memperkirakan bahwa satu dari tiga rumah digunakan oleh Hizbullah," ujarnya.

Persenjataan Hizbullah


"Dengan dugaan penyimpanan roket, rudal jarak menengah, rudal jarak jauh, rudal balistik, dan pesawat nirawak, persenjataan Hizbullah juga menimbulkan ancaman serius bagi Israel,” kata Shapira.

“Persenjataannya sangat beragam; beberapa di antaranya presisi, dan ada rudal tertentu, seperti Scud, dengan jangkauan yang mencakup seluruh Israel,” imbuh dia.

Jika terjadi perang habis-habisan dengan Hizbullah, dia mengatakan dapat diperkirakan bahwa kelompok bersenjata itu akan menargetkan kota-kota, infrastruktur sipil, fasilitas dan infrastruktur energi—seperti pembangkit listrik, rig gas, dan pabrik desalinasi air—untuk mendapatkan posisi yang lebih unggul.

Namun, kata Shapira, salah satu tantangan utama yang ditimbulkan oleh taktik Hizbullah adalah penggunaan perisai manusia-–seperti yang dilakukan Hamas di Gaza.

“Hizbullah juga menempatkan banyak senjatanya di daerah permukiman, secara harfiah di rumah-rumah tempat orang tinggal,” kata Shapira, seraya menambahkan bahwa beberapa rumah ini menjadi sasaran serangan Israel baru-baru ini.

Cohen menggambarkan persenjataan Hizbullah sebagai hal "mengkhawatirkan".

"Bahkan lebih besar daripada yang dilakukan Hamas di Gaza, Hizbullah memiliki kesempatan untuk mempersiapkan pertahanannya di Lebanon selatan dengan menyertakan terowongan dan infrastruktur bawah tanah lainnya. Dan perkiraan terbuka menunjukkan bahwa mereka memiliki persenjataan roket setidaknya lima kali lebih besar dari yang dimiliki Hamas sebelum 7 Oktober," kata Cohen.

Menurut direktur Middle East Program di Center for Strategic and International Studies, Jon B Alterman, beberapa anggota lembaga pertahanan Israel merasa "penangkalan Israel telah dalam remisi".

Dalam komentar yang disampaikan minggu ini, Alterman mengatakan ada banyak orang di lembaga pertahanan Israel yang merasa sudah terlalu lama sejak Israel memberikan pukulan telak kepada Hizbullah.

"Mereka merasa bahwa pencegahan Israel telah berkurang karena negara itu terlalu berhati-hati dalam menanggapi penembakan Hizbullah terhadap masyarakat di Israel utara sejak 7 Oktober," katanya.

Dia juga menggambarkan Hizbullah sebagai milisi bersenjata yang kebal terhadap aturan negara.

"Banyak negara akan menganggapnya tidak dapat diterima jika mereka memiliki milisi bersenjata di seberang perbatasan yang menembaki suatu daerah dan mencegah puluhan ribu warga tinggal di sana. Dari sudut pandang Israel, jika pemerintah Lebanon tidak dapat mengendalikan Hizbullah, maka Israel akan melakukannya," katanya.

Mengenai intervensi global untuk menghentikan perang habis-habisan, Alterman mengatakan: "Bagi AS, mengurangi kemampuan Hizbullah bukanlah hal yang buruk."

Tantangannya adalah memastikan bahwa eskalasi ini tidak menjerumuskan seluruh wilayah ke dalam perang.

"AS kemungkinan akan mencoba memberikan tekanan pada Israel minggu depan jika eskalasi tetap dalam parameter yang dapat dikelola."

"Namun, dari sudut pandang Israel, mereka dapat bertindak dengan impunitas relatif minggu ini," paparnya.

"Menjelang akhir pekan, kemungkinan akan ada eskalasi berkelanjutan dalam tindakan Israel, meskipun kecil kemungkinan situasi akan berubah menjadi perang habis-habisan sebelum itu," imbuh dia.

Pada akhirnya, menurut Shapira, situasinya "sederhana."

"Di satu sisi, Anda memiliki organisasi teroris yang siap menghancurkan Israel dan membunuh warga sipilnya, dan di sisi lain, ada Israel yang mencoba mencegahnya," katanya kepada Al Arabiya English.

"Hizbullah dan Iran mengambil alih Lebanon, menyandera penduduknya," imbuh dia.

"Mereka memanfaatkan kondisi negara yang buruk untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan mengambil alih sepenuhnya. Israel tidak berperang dengan Lebanon atau penduduk Lebanon, tetapi dengan Hizbullah dan Iran."

“Hizbullah menyerang Israel tanpa alasan pada tanggal 8 Oktober dan sejak saat itu, selama lebih dari 11 bulan, terus meluncurkan rudal dan roket ke Israel setiap hari.”

Hizbullah bersikeras tidak akan menghentikan serangan lintas batas terhadap Israel kecuali perangnya di Gaza berakhir.

Sebagai akibat dari serangan lintas batas ini, Israel mengevakuasi lebih dari 60.000 orang dari rumah mereka, kata Shapira.

“Mereka meninggalkan tempat kerja, sekolah, dan teman-teman mereka dan menunggu solusi untuk situasi tersebut yang akan memastikan mereka dapat kembali ke rumah dan merasa aman.”

“Solusi paling sederhana adalah bahwa Hizbullah akan menerima resolusi PBB 1701 dan mundur ke utara sungai Litani," paparnya.

Sejak Israel meningkatkan serangan udaranya pada hari Senin di berbagai wilayah Lebanon di selatan dan timur, ribuan warga telah mengungsi secara paksa.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)