Apa Itu Hizbullah? Lahir karena Israel, Pernah Bantai 241 Tentara AS

Kamis, 26 September 2024 - 10:18 WIB
loading...
Apa Itu Hizbullah? Lahir...
Hizbullah, kelompok milisi yang lahir tahun 1982 untuk mengusir tentara Israel dari Lebanon. Kelompok ini pernah membantai 241 tentara AS dalam serangan bom truk. Foto/The Cradle
A A A
BEIRUT - Setelah hampir setahun saling tembak, Israel dan kelompok militan Lebanon; Hizbullah, kini terlibat dalam konfrontasi sengit yang mengancam akan berubah menjadi perang besar-besaran.

Hizbullah menjadi musuh Israel yang jauh lebih tangguh daripada Hamas di Jalur Gaza, Palestina.

Banyak yang menganggap kelompok yang didukung Iran itu sebagai kekuatan paramiliter terkuat di Timur Tengah. Bahkan, kelompok itu juga memiliki sayap politik dan sosial dengan kekuatan yang cukup besar di Lebanon.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah memperingatkan Israel bahwa kelompoknya memiliki senjata dan kemampuan baru, dan telah menerbitkan rekaman pesawat nirawak pengintai yang diambil jauh di dalam Israel utara yang menunjukkan pelabuhan Haifa dan lokasi lain yang jauh dari perbatasan Lebanon-Israel.



Dalam beberapa hari terakhir, kelompok ini telah menyerang Israel lebih dalam daripada kapan pun dalam setahun terakhir.

Apa Itu Hizbullah?


Hizbullah dalam bahasa Arab bermakna Partai Tuhan.

Kelompok ini lahir atau didirikan pada tahun 1982 selama perang saudara Lebanon, dan awalnya ditujukan untuk mengakhiri pendudukan Israel di Lebanon selatan.

Kelompok ini berhasil mencapai tujuan awalnya pada tahun 2000 setelah perang panjang yang melelahkan yang akhirnya memaksa pasukan Israel hengkang dari Lebanon selatan.

Namun, kelompok tersebut terus melanjutkan pertempurannya dan berusaha menghancurkan Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0767 seconds (0.1#10.140)