Ini Reaksi Dunia saat Israel Bombardir Lebanon

Selasa, 24 September 2024 - 08:31 WIB
loading...
A A A
"Jika ini bukan situasi perang, saya tidak tahu Anda akan menyebutnya apa," kata Borrell kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

"Situasi ini sangat berbahaya dan mengkhawatirkan. Saya dapat mengatakan bahwa kita hampir berada dalam perang besar-besaran."

2. Prancis


Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Noel Barrot telah menyerukan sidang darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas serangan lintas batas besar Israel terhadap Lebanon.

"Saya telah meminta agar diadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan mengenai Lebanon minggu ini," kata Barrot kepada Majelis Umum PBB pada hari Senin.

"Mendesak semua pihak untuk menghindari pertikaian regional yang akan menghancurkan semua orang."

3. UNICEF


Catherine Russell, direktur eksekutif Dana Darurat Anak Internasional PBB (UNICEF), telah menyatakan kekhawatiran atas lonjakan serangan yang sedang berlangsung di Lebanon dan Israel, mendesak semua pihak untuk menegakkan kewajiban mereka berdasarkan hukum humaniter internasional.

"Banyak anak-anak yang berada dalam bahaya, dengan ribuan keluarga mengungsi dari rumah mereka dan serangan yang terus berlanjut terhadap infrastruktur sipil," kata Russell dalam sebuah pernyataan.

4. Mesir


Pemerintah Mesir telah meminta kekuatan internasional dan Dewan Keamanan PBB untuk segera campur tangan guna menghentikan eskalasi berbahaya Israel di Lebanon.

"Yang mengancam akan menyeret kawasan itu ke dalam perang regional yang komprehensif," kata Kementerian Luar Negeri Mesir.

Mesir telah menyatakan solidaritas dengan Lebanon dan mengecam setiap pelanggaran kedaulatan dan wilayah Lebanon, sambil terus berupaya mencapai gencatan senjata di Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)