Persidangan Korupsi Terbesar dalam 4 Dekade di Singapura Segera Digelar

Senin, 23 September 2024 - 15:42 WIB
loading...
Persidangan Korupsi...
Singapura akan menyaksikan persidangan korupsi terbesar dalam empat dekade di negara tersebut. Foto/AP
A A A
SINGAPURA - Singapura , negara yang secara konsisten menduduki peringkat sebagai salah satu negara dengan korupsi paling rendah di dunia, bersiap menghadapi hal yang paling langka: persidangan korupsi tingkat tinggi.

S Iswaran, mantan menteri transportasi yang terkenal karena perannya dalam membantu menghadirkan balapan malam Formula Satu (F1) ke Singapura, adalah pejabat politik pertama dalam hampir empat dekade yang menghadapi penyelidikan korupsi.

Pria berusia 62 tahun itu diadili pada hari Selasa, 24 September, atas 35 tuduhan memperoleh barang berharga sebagai pegawai negeri, korupsi, dan menghalangi jalannya peradilan. Pegawai negeri dan pejabat politik dilarang menerima hadiah senilai di atas 50 dolar Singapura ($38) dalam menjalankan tugasnya.

Ayah tiga anak ini dituduh menerima lebih dari 400.000 dolar Singapura (USD306.000) dalam bentuk hadiah dari dua pengusaha: miliarder Malaysia Ong Beng Seng, yang juga berperan penting dalam mengamankan balapan F1, dan Lum Kok Seng, seorang pria yang memiliki hubungan kuat dengan organisasi akar rumput di bekas distrik pemilihan Iswaran. Hadiah-hadiah tersebut termasuk tiket untuk pertunjukan musikal West End, penerbangan, botol wiski, tiket pertandingan Liga Primer Inggris, dan bahkan sepeda Brompton.

Baik Ong maupun Lum tidak didakwa dengan pelanggaran apa pun.

"Saya menolak tuduhan tersebut dan tidak bersalah," tulis Iswaran dalam surat kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada 17 Januari, sehari sebelum ia didakwa. Ia kemudian menambahkan melalui pengacaranya bahwa ia tidak tahu hadiah dari dua orang yang ia anggap sebagai teman dekat dapat dianggap sebagai "gratifikasi terselubung".

Ia mengundurkan diri dari jabatannya dan keluar dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang telah lama berkuasa pada bulan Januari, sesaat sebelum ia didakwa secara resmi.



“Pemerintah telah menangani kasus ini dengan ketat sesuai dengan hukum, dan akan terus melakukannya,” kata Lee dalam sebuah pernyataan saat itu. “Saya bertekad untuk menegakkan integritas Partai dan Pemerintah, dan reputasi kami sebagai negara yang jujur dan tidak korup. Warga Singapura tidak mengharapkan yang kurang dari itu.”

Sebagian besar dakwaan yang dihadapi Iswaran didasarkan pada ketentuan yang jarang digunakan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang telah menjadi bagian dari undang-undang pidana negara-kota tersebut sejak tahun 1871, menurut surat kabar Straits Times. Ketentuan tersebut menjadikan pelanggaran bagi pegawai negeri untuk menerima atau memperoleh sesuatu yang berharga, secara cuma-cuma atau dengan pembayaran yang tidak memadai, dari siapa pun yang terlibat dengannya dalam kapasitas resmi.

Tim hukum Iswaran dipimpin oleh mantan anggota parlemen PAP Davinder Singh, seorang penasihat senior yang sering mewakili Lee, serta mendiang ayahnya Lee Kuan Yew. Di antara 56 saksi penuntut adalah istri Iswaran. Bagian pertama persidangan akan berlanjut hingga 27 September.

Ong Beng Seng dan S Iswaran serta dua pejabat lainnya menggunakan sekop berwarna emas untuk merintis pembangunan gedung pit F1. Ong dan Iswaran berada di sebelah kiri foto sambil tertawa.

Di negara yang hanya pernah mengenal satu partai yang berkuasa, jajak pendapat secara konsisten menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintah. Namun, kisah Iswaran muncul beberapa bulan setelah mantan Ketua Parlemen Tan Chuan Jin – seorang pria yang pernah digadang-gadang sebagai calon perdana menteri masa depan – mengundurkan diri pada Juli 2023 setelah mengakui perselingkuhannya dengan sesama anggota parlemen. Anggota parlemen tersebut juga mengundurkan diri.

Sidang pengadilan tersebut juga berlangsung hampir lima bulan setelah masa jabatan Perdana Menteri baru Lawrence Wong, dan dengan pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada November 2025. “Sidang pengadilan Iswaran harus menjadi faktor penting dalam pikiran Wong saat ia memutuskan kapan akan pergi ke tempat pemungutan suara,” kata profesor asosiasi Michael Barr dari Universitas Flinders di Adelaide, Australia kepada Al Jazeera.

“Mereka lebih suka sidang pengadilan itu dilakukan di masa depan atau jauh di masa lalu, sehingga tidak perlu diperhatikan dan diingat.”

Sementara pengamat politik independen Felix Tan menganggap kasus tersebut sebagai “titik kecil” dalam rekam jejak pemerintahan yang baik di Singapura, ia memperingatkan bahwa ada juga risiko bagi partai yang berkuasa.

“Tantangan utama bagi pemerintahan PAP terletak pada menjaga kepercayaan publik,” kata Tan. “Ada kekhawatiran mengenai sifat dan luasnya informasi sensitif yang mungkin diungkapkan oleh Tn. Iswaran selama proses persidangan.”

Menurut Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) – sama seperti Transparency International – korupsi adalah “menerima, meminta, atau memberikan gratifikasi apa pun untuk mendorong seseorang melakukan suatu kebaikan dengan maksud korup”.

Ini adalah penyelidikan korupsi pertama yang melibatkan seorang menteri sejak 1986, ketika mantan Menteri Pembangunan Nasional Teh Cheang Wan dituduh menerima suap sebesar 1 juta dolar Singapura (USD775.000). Teh bunuh diri sebelum penyelidikan dapat diselesaikan.

Ada keresahan publik pada bulan Juli ketika terungkap bahwa Iswaran telah ditangkap dan dibebaskan sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung oleh CPIB – sesuatu yang tidak disebutkan oleh lembaga tersebut ketika pertama kali mengumumkan bahwa mantan menteri tersebut membantu penyelidikan.

Namun Tan mencatat bahwa kasus tersebut telah "bertahan" selama berbulan-bulan. "Warga Singapura telah beralih ke 'berita lain'. Mereka lebih peduli dengan kepentingan langsung mereka, seperti ekonomi, bisnis, dan biaya hidup."

Sentimen publik terhadap PAP sebagian besar tetap positif. Sebuah survei yang dilakukan bulan lalu oleh perusahaan riset pasar Blackbox, setelah Wong menyampaikan pidato politik utama, menunjukkan bahwa PAP menikmati peringkat positif di antara lebih dari separuh responden. Blackbox menambahkan bahwa PAP berada dalam "posisi yang wajar".

Analis mengatakan kepada Al Jazeera bahwa persidangan Iswaran tidak mungkin memengaruhi Wong, mengingat bahwa ia dapat dianggap sebagai "sisa" kepemimpinan Lee. Survei Blackbox juga menunjukkan lebih dari separuh responden menilai kinerja perdana menteri baru sejauh ini sebagai "baik", sementara 17 persen menilai "sangat baik".

"Saya tidak memperkirakan kasus ini akan berdampak besar pada masa jabatan perdana menteri Lawrence Wong," kata Tan. "Meskipun demikian, mungkin masih ada beberapa efek samping, seperti apakah kasus ini merupakan cerminan dari generasi baru kepemimpinan 4G [istilah Singapura untuk generasi baru pemimpin politiknya] dan kegagalan lembaga pemerintah."
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)