Politikus Sayap Kiri Sri Lanka Unggul dalam Pemilu Presiden yang Diikuti 38 Capres

Minggu, 22 September 2024 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Baik Premadasa maupun Dissanayake mengatakan mereka akan merundingkan kembali kesepakatan IMF untuk membuat langkah-langkah penghematan lebih dapat ditanggung. Wickremesinghe telah memperingatkan bahwa setiap langkah untuk mengubah dasar-dasar perjanjian dapat menunda pencairan tahap keempat hampir $3 miliar yang sangat penting untuk menjaga stabilitas.

Krisis ekonomi Sri Lanka sebagian besar disebabkan oleh pinjaman berlebihan pada proyek-proyek yang tidak menghasilkan pendapatan. Dampak pandemi COVID-19 dan desakan pemerintah untuk menggunakan cadangan devisa yang langka untuk menopang mata uang, rupee, berkontribusi pada kejatuhan bebas ekonomi.

Keruntuhan ekonomi menyebabkan kekurangan parah kebutuhan pokok seperti obat-obatan, makanan, gas untuk memasak, dan bahan bakar, dengan orang-orang menghabiskan waktu berhari-hari mengantre untuk mendapatkannya. Hal ini menyebabkan kerusuhan di mana para pengunjuk rasa mengambil alih gedung-gedung penting termasuk rumah presiden, kantornya, dan kantor perdana menteri, yang memaksa Presiden Gotabaya Rajapaksa saat itu untuk meninggalkan negara itu dan mengundurkan diri.

Wickremesinghe terpilih melalui pemungutan suara parlemen pada bulan Juli 2022 untuk menjabat selama sisa masa jabatan Rajapaksa selama lima tahun.
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)