Apakah Ikhwanul Muslimin Mesir Membela Palestina?

Sabtu, 21 September 2024 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Bagi Ikhwanul Muslimin, masalah Palestina memainkan peran penting baik dalam perkembangannya di Mesir maupun dalam perluasannya ke banyak negara.

Salah satu hasil dari minat ini adalah berdirinya cabang gerakan Palestina. Para relawan yang direkrut Ikhwanul Muslimin di Mesir dan di tempat lain turut serta dalam pemberontakan tahun 1936–1939 dan perang tahun 1948.

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada sepuluh ribu yang disebutkan Hassan al-Banna dalam pidatonya di Kairo pada 14 Desember 1947, atau 1.500 orang yang lebih sedikit yang dibanggakan pada tahun 1948 selama kunjungan al-Banna yang sama ke Palestina.

Jumlahnya lebih mungkin sekitar seribu orang. Akan tetapi, para relawan Ikhwanul Muslimin benar-benar populer di Palestina dan akan memperoleh status mistis di kemudian hari di antara para pengikut Hamas.

Setelah berdirinya kelompok-kelompok Suriah dan Lebanon pada tahun 1937, cabang-cabang Ikhwanul Muslimin di Palestina dan Transyordania didirikan pada tahun 1945 melalui kerja Said Ramadan (1926–1995) yang saat itu berusia 20 tahun.

Said adalah menantu Hassan al-Banna dan ayah dari para intelektual Islam yang sekarang terkenal, Hani dan Tarik Ramadan.

Kegiatan Said Ramadan sangat sukses: dalam satu tahun, dari 1945 hingga 1946, dia mengumpulkan lima belas ribu anggota Ikhwanul Muslimin di Palestina.

Pada tahun 1947, jumlahnya melebihi dua puluh ribu. Mengingat urgensi saat itu, mobilisasi ini terutama diterjemahkan ke dalam persiapan untuk perjuangan bersenjata, di mana Ikhwanul Palestina berpartisipasi bersama dengan para relawan yang dikirim oleh cabang-cabang Ikhwanul Muslimin di luar negeri.

Mereka membedakan diri mereka dengan sikap mereka yang tidak kenal kompromi dan penolakan terhadap penyelesaian damai apa pun atas masalah Palestina.

Pada tanggal 8 Desember 1948, pemerintah Mesir melarang Ikhwanul Muslimin. Pada tanggal 12 Februari 1949, Hassan al-Banna dibunuh saat dia meninggalkan markas besar Asosiasi Pemuda Muslim di Kairo.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)