Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Kamis, 19 September 2024 - 20:23 WIB
loading...
A A A
Seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada CNN bahwa IDF sedang memindahkan Divisi elit ke-98 dari Gaza ke Israel utara. "Pusat gravitasi bergerak ke utara," kata Gallant. "Artinya adalah bahwa kita mengalihkan kekuatan, sumber daya, energi ke utara."

Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

1. Serangan secara Bertubi-tubi

Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Foto/AP

Puluhan kru ambulans dari Palang Merah Lebanon bekerja untuk menyelamatkan dan mengevakuasi yang terluka setelah walkie-talkie meledak di seluruh negeri pada hari Rabu.

Seorang saksi mata yang menghadiri pemakaman Hizbullah di pinggiran selatan Beirut pada hari Rabu menggambarkan kekacauan itu saat walkie-talkie tampak meledak sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Saksi mata, yang tidak dapat disebutkan namanya karena alasan keamanan, mengatakan kepada CNN bahwa mereka mendengar ledakan keras diikuti oleh teriakan. Mereka mengatakan pria yang perangkat nirkabelnya meledak berlumuran darah dan tangannya putus.

Sementara itu, foto-foto menunjukkan walkie-talkie yang hancur berkeping-keping dalam ledakan tersebut.

Pertahanan Sipil Lebanon mengatakan bahwa mereka sedang berupaya memadamkan api di 60 rumah dan toko yang dimulai setelah walkie-talkie meledak, termasuk satu di toko baterai lithium.

Kementerian komunikasi Lebanon mengatakan bahwa walkie-talkie tersebut adalah model yang dihentikan produksinya yang dibuat oleh perusahaan Jepang ICOM. Perangkat IC-V82 tidak dipasok oleh agen yang diakui, tidak memiliki lisensi resmi, dan belum diperiksa oleh dinas keamanan, kata kementerian tersebut.

ICOM mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa mereka sedang menyelidiki laporan tersebut dan bahwa model yang terkait dengan ledakan tersebut telah dihentikan produksinya satu dekade lalu. ICOM menambahkan bahwa mereka tidak dapat menentukan apakah perangkat tersebut palsu atau dikirim oleh perusahaan, meskipun situs webnya mengatakan bahwa semua perangkat IC-V82 yang beredar adalah palsu.

Hizbullah pada hari Selasa berjanji untuk menanggapi serangan pager Israel yang menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai ribuan orang di seluruh Lebanon. Sedikitnya dua anak tewas dalam ledakan tersebut, kata Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad.


2. Pelanggaran Hukum Humaniter Internasional

Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Foto/AP
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)