Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Kamis, 19 September 2024 - 20:23 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Kepala Polisi Volker Türk mengatakan serangan pager tersebut merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional, yang melarang penggunaan jebakan – objek yang mungkin menarik perhatian warga sipil atau dikaitkan dengan penggunaan sehari-hari warga sipil – dan menyerukan “investigasi yang independen, menyeluruh, dan transparan.”

Spekulasi telah berkembang mengenai bagaimana perangkat komunikasi nirkabel berteknologi rendah dapat dieksploitasi, serta asal-usul perangkat tersebut dan rantai pasokan misterius yang membentang dari Taiwan hingga Hungaria. The New York Times melaporkan pada hari Selasa bahwa Israel menyembunyikan bahan peledak di dalam sejumlah pager yang dipesan dari produsen Taiwan Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah. Sebuah sakelar ditanamkan untuk meledakkannya dari jarak jauh, tambahnya.

Namun Gold Apollo membantah membuat pager dengan merek dagangnya, dan menunjuk distributor yang terdaftar di Budapest sebagai produsennya. Pihak berwenang Hungaria membantah pernyataan Gold Apollo, dengan mengatakan bahwa BAC Consulting “adalah perantara perdagangan” yang tidak memiliki lokasi produksi di negara tersebut.

3. Eskalasi Ketegangan Israel dan Hizbullah Memuncak

Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Foto/AP

Serangan kembar di Lebanon berisiko meningkatkan ketegangan di wilayah yang telah meningkat akibat perang Israel melawan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mendesak para pihak untuk mencegah eskalasi lebih lanjut. Kepala PBB mengatakan "logika" meledakkan semua perangkat itu adalah "serangan pendahuluan sebelum operasi militer besar."

Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib mengatakan kepada CNN bahwa ia khawatir serangan beruntun itu menandakan langkah menuju "permulaan perang."

"Ini adalah momen yang menakutkan dan kami takut (akan) berperang, karena kami tidak menginginkan perang," kata menteri luar negeri itu, yang menyerukan Dewan Keamanan PBB dan Amerika Serikat untuk membantu membangun kembali perdamaian di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel.

4. Serangan yang Tak Pernah Terjadi Sebelumnya

Israel Gelar Perang Era Baru dengan Hizbullah, Apa Saja Bentuknya?

Foto/AP

Analis intelijen dan keamanan CNN Bob Baer juga menyatakan bahwa gangguan Israel terhadap jaringan komunikasi Hizbullah dapat membuka jalan bagi serangan militer yang akan segera terjadi di Lebanon.

"Fakta bahwa Israel berhasil masuk ke jaringan pasokan mereka belum pernah terjadi sebelumnya," kata Baer, yang menyoroti gangguan akibat penggunaan walkie-talkie oleh Hizbullah sebagai hal yang sangat merugikan karena kelompok tersebut mengandalkan walkie-talkie untuk memanggil koordinat tembakan, memindahkan amunisi, dan berkomunikasi secara langsung.

Hal ini membuat Hizbullah rentan jika Israel meneruskan rencana militernya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)