alexametrics

Morales Naik Pesawat ke Meksiko, Tinggalkan Bolivia yang Rusuh

loading...
Morales Naik Pesawat ke Meksiko, Tinggalkan Bolivia yang Rusuh
Demonstran membawa foto Evo Morales di La Paz, Bolivia. Foto/REUTERS
A+ A-
LA PAZ - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales terbang menuju Meksiko untuk mendapatkan suaka politik pada Senin (11/11) malam. Morales meninggalkan Bolivia yang kini mengalami kerusuhan setiap hari.

Morales merupakan presiden pribumi pertama di Bolivia. Dia naik pesawat pemerintah Meksiko dari pusat kota Chimore, Bolivia, basis pendukungnya. Selama akhir pekan, Morales telah berada di Chimore untuk menjauh dari kerusuhan yang terus terjadi di ibu kota La Paz.

Dalam tweetnya, Morales mengonfirmasi dia telah pergi ke Meksiko tapi berjanji kembali ke Bolivia dengan lebih banyak kekuatan dan energi.



"Morales telah naik pesawat untuk menjamin perjalanan amannya ke negara kami dan pesawat itu telah lepas landas," papar Menteri Luar Negeri (Menlu) Meksiko Marcelo Ebrard melalui Twitter.

Menjelang kabar kepergiaan Morales ke Meksiko, militer menyatakan membantu kepolisian berpatroli di jalanan. Patroli bersama itu setelah demonstran menghancurkan empat kantor polisi dan melakukan penjarahan di sejumlah wilayah.

Kepergiaan Morales merupakan bagian dari gelombang sayap kiri yang mendominasi politik Amerika Latin sejak awal abad ini. Pengunduran diri Morales dilakukan setelah oposisi menentang kemenangannya dalam pemilu 20 Oktober.

Morales merupakan mantan penggembala Ilama dan petani daun koka. Dia dianggap sebagai pemimpin kaum miskin yang menciptakan pertumbuhan ekonomi. Namun para pengkritik menganggapnya ingin memperpanjang kekuasaan dengan mengubah batas periode kepresidenan.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak