Israel Alihkan Perang ke Hizbullah setelah Ribuan Pager Diledakkan di Lebanon

Kamis, 19 September 2024 - 06:52 WIB
loading...
A A A
Meskipun pejabat Israel belum mengomentari ledakan tersebut, sumber-sumber Lebanon, Israel, dan Amerika Serikat semuanya telah mengidentifikasi badan intelijen Mossad Israel sebagai pelakunya.

Menurut sumber-sumber AS dan Israel yang diwawancarai oleh Axios, Mossad memasang ribuan perangkat komunikasi untuk meledak, dengan maksud untuk memicu ledakan dari jarak jauh sebagai pukulan pertama dalam perang skala penuh dengan Hizbullah.

Mossad memutuskan untuk meledakkan perangkat tersebut lebih awal jika bahan peledak ditemukan dan rencana tersebut digagalkan, kata seorang pejabat Amerika kepada Axios, yang dilansir Kamis (19/9/2024).

Sementara Gallant dan pejabat Israel lainnya telah mengancam akan meningkatkan kampanye mereka melawan Hizbullah pada beberapa kesempatan dalam beberapa bulan terakhir, komentar menteri tersebut pada hari Rabu didukung oleh tindakan, karena Divisi ke-98 IDF telah dikerahkan kembali dari Gaza ke Israel utara pada hari sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya menganggap Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas serangan pager tersebut, dan menjanjikan "perhitungan yang sulit" bagi Israel sebagai respons.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)