Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

Rabu, 18 September 2024 - 14:30 WIB
loading...
Sistem Pager Dilumpuhkan...
Ledakan sistem pager dipicu akan melancarkan perang baru di Timur Tengah. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Delapan orang tewas dan 2.750 lainnya terluka dalam ledakan massal pager di Lebanon pada (12/9/2024). Banyak pihak menduga bahwa Hizbullah akan meluncurkan perang baru karena serangan siber yang dilaksanakan Israel.

Menurut Menteri Kesehatan Lebanon Firas Abyad mengungkapkan, rumah sakit di Beirut dan kota-kota lain kewalahan. Kementerian Kesehatan telah meminta semua tenaga medis yang tersedia untuk menanggapi keadaan darurat tersebut.

Di antara yang terluka adalah duta besar Iran untuk Lebanon, Mojtaba Amani, serta anggota kelompok Syiah Hizbullah. Seorang juru bicara organisasi tersebut, yang berbicara secara anonim kepada Reuters, menggambarkan insiden tersebut sebagai "pelanggaran keamanan terbesar" yang dihadapi kelompok tersebut sejak konflik di Gaza dimulai hampir setahun yang lalu.

Menurut sumber yang mengetahui situasi tersebut dan berbicara kepada The Wall Street Journal, pager yang meledak itu berasal dari kelompok baru yang diterima Hizbullah baru-baru ini. Seorang perwakilan kelompok itu mengungkapkan bahwa ratusan pejuang memiliki perangkat semacam itu. Ia menduga bahwa perangkat lunak perusak mungkin telah menyebabkan perangkat itu terlalu panas dan meledak. Beberapa anggota melaporkan merasakan pager itu menjadi panas dan membuangnya sebelum meledak.

Masih belum jelas apa yang memicu serangkaian ledakan ini, tetapi otoritas Lebanon yakin Israel berada di balik serangan siber. Kementerian luar negeri Lebanon mencirikan ledakan itu sebagai "eskalasi Israel yang berbahaya dan disengaja," dengan mengklaim bahwa ledakan itu "disertai dengan ancaman Israel untuk memperluas perang ke Lebanon dalam skala besar."

Sebagai tanggapan, Israel telah meningkatkan tingkat kewaspadaannya di semua pelabuhan. “Pejabat keamanan Israel yakin Hizbullah berencana melakukan aksi militer, yang mendorong pertemuan mendesak para perwira senior di kementerian pertahanan untuk menjajaki opsi-opsi untuk kemungkinan eskalasi di utara,” demikian yang dicatat oleh publikasi Israel Haaretz.

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

1. Ancaman Perang Besar Bisa Terjadi

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

Foto/AP

Pada tahun 2006, Hizbullah, milisi yang terkait dengan Iran di Lebanon, menculik dua tentara Israel dan menewaskan delapan lainnya, yang mendorong IDF untuk merespons dan memicu apa yang sekarang dikenal sebagai Perang Lebanon Kedua.

Saat itu, dalam pidatonya di Knesset, Perdana Menteri saat itu Ehud Olmert menjelaskan bahwa Israel perlu berperang untuk melindungi diri dari serangan roket Hizbullah yang sedang berlangsung. Ia bersumpah untuk melenyapkan militan kelompok itu dan menghancurkan infrastruktur mereka.

Dalam 34 hari pertempuran, angkatan udara Israel menerbangkan sekitar 12.000 misi tempur di atas Lebanon, meninggalkan jejak kehancuran. Sebagian besar infrastruktur Lebanon hancur dalam konflik tersebut. Ini termasuk jembatan, jalan, instalasi pengolahan air dan limbah, pelabuhan, sekolah, rumah sakit, rumah pribadi, dan bahkan Bandara Internasional Beirut.

Hizbullah juga mendapat pukulan. Dari 1.200 korban perang itu, sedikitnya 270 adalah pejuang Hizbullah. Gudang amunisi kelompok itu rusak, dan tempat peluncuran serta fasilitas militernya hancur sebagian atau seluruhnya. Israel menyajikannya sebagai kemenangan tetapi Sarit Zehavi, pendiri dan presiden Alma, pusat penelitian dan pendidikan independen yang mengkhususkan diri dalam tantangan keamanan Israel, mengatakan kemenangan itu masih jauh dari kata dekat.

Namun Israel tidak melakukannya. Pada 14 Agustus, gencatan senjata yang ditengahi Perserikatan Bangsa-Bangsa mulai berlaku. Kurang dari sebulan kemudian, Israel mencabut blokade lautnya terhadap Lebanon dan, dua tahun setelah meletusnya konflik, jenazah kedua tentara Israel dikembalikan ke Israel dan dimakamkan. Namun, babak permusuhan antara Israel dan Hizbullah tidak berakhir dengan pemakaman mereka. Hizbullah terus mempersenjatai diri, bersiap untuk konfrontasi lainnya.

2. Hizbullah Memiliki 200.000 Roket

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

Foto/AP

Hingga saat ini, dan menurut perkiraan, milisi Syiah memiliki lebih dari 200.000 roket dan rudal, 5.000 di antaranya merupakan rudal jarak jauh, yang mampu menghantam area hingga 700 km dari lokasi peluncurannya. 5.000 adalah roket jarak menengah yang mampu terbang hingga 200 km, 65.000 adalah roket jarak pendek dengan jangkauan hingga 80 km, sedangkan 150.000 adalah mortir.

Selain itu, Hizbullah juga memiliki ratusan senjata anti-tank, anti-kapal, dan anti-pesawat, ditambah 2.500 pesawat nirawak, sistem terowongan canggih, jauh lebih dalam daripada yang digunakan Hamas di Gaza, dan yang terpenting sekitar 50.000 kombatan dalam layanan reguler dan 50.000 cadangan – kedua kelompok terlatih dengan baik dan diperlengkapi dengan baik.

Zehavi mengatakan Hizbullah mampu mencapai kekuatan ini hanya karena Israel tidak peduli.

“Selama 18 tahun, tidak ada seorang pun [di Israel] yang memantau [situasi]. Sementara itu, Iran sangat terlibat dalam hal ini. [Dengan cara ini, Hizbullah mampu] menyelundupkan amunisi dari Teheran ke Suriah, atau mereka memproduksi [senjata] di Suriah dan kemudian membawanya ke Lebanon, jadi saya sama sekali tidak terkejut bahwa [kekuatan militer kelompok] tumbuh begitu signifikan.”

Selama bertahun-tahun, Israel memang mencoba merusak kemampuan Hizbullah untuk mempersenjatai dirinya sendiri. Berbagai laporan menunjukkan Israel berada di balik serangan terhadap konvoi yang mengangkut amunisi di Suriah, bandara, pusat penelitian, dan pangkalan. Namun Eyal Zisser, wakil rektor Universitas Tel Aviv dan salah satu pakar Timur Tengah paling terkenal, mengatakan serangan ini sebagian besar bersifat simbolis.

Dalam konfrontasi saat ini yang dimulai pada 7 Oktober 2023 setelah serangan mematikan Hamas terhadap Israel dan serangan Israel berikutnya ke Gaza, Israel menyerang ribuan target Hizbullah. Dalam enam bulan pertama, lebih dari 1.400 orang menjadi sasaran dari udara, 3.300 orang diserang dari darat. Ratusan anggota Hizbullah tewas, termasuk 50 komandan tinggi.

3. Perang Lebanon Lebih Berbahaya bagi Israel

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

Foto/AP

Zehavi mengatakan pemusnahan mereka signifikan mengingat fakta bahwa mereka memiliki pengetahuan, koneksi, dan pengalaman, tetapi itu tidak merugikan kemampuan Hizbullah untuk terus bertempur.

Dan sekarang, dengan genderang perang yang semakin keras di wilayah tersebut, kedua pakar sepakat bahwa konfrontasi dengan Hizbullah akan berbeda dengan yang dialami Israel sebelumnya.

"Pertama-tama, medannya akan berbeda," kata Zehavi. "Ini jauh lebih menantang daripada Gaza, ada bukit dan lembah. Lebih sulit untuk bermanuver. Akan lebih mudah bagi anggota Hizbullah untuk bersembunyi di sana. [Kedua], infrastruktur bawah tanah Hizbullah jauh lebih besar, dan [ketiga] amunisi disembunyikan di kota-kota dan desa-desa, tetapi mengingat Lebanon lebih besar, penduduknya dapat meninggalkan daerah zona perang [untuk melindungi diri mereka sendiri],” tambahnya.

Tantangan lain terletak pada rentetan roket yang akan diluncurkan Hizbullah ke Israel. Menurut beberapa perkiraan, pada hari pertama serangan Hamas ke Israel, kelompok itu menembakkan 4.300 roket. Namun, dengan Hizbullah, jumlah roket, rudal, dan pesawat nirawak harian menjanjikan akan melebihi 10.000, dan pertanyaannya adalah apakah Israel akan siap untuk menanganinya.


4. Israel Sudah Berbenah

Sistem Pager Dilumpuhkan Israel, Akankah Hizbullah Lancarkan Perang Baru di Timur Tengah?

Foto/AP

Selain sistem intersepsi rudal Iron Dome yang terbukti efisien selama perang Israel, negara itu juga telah mengembangkan cara lain yang ditujukan untuk melindungi negara tersebut. David Sling adalah salah satu teknologi tersebut, teknologi lainnya – menggunakan laser – akan segera mulai beroperasi, dan IDF kini tengah mengerjakan sejumlah proyek kreatif yang akan menghentikan infiltrasi pesawat nirawak musuh.

“[Selama serangan 7 Oktober], Israel mampu menghadapi rudal Hamas dan tidak ada ancaman yang ditimbulkan terhadap Tel Aviv, misalnya,” kata Zisser, dilansir RT.

“Dengan Hizbullah, situasinya akan sangat berbeda. Israel memiliki sistem pertahanan udara yang cukup mumpuni, tetapi untuk menghadapi ribuan roket... saya benar-benar tidak tahu. Ini adalah sesuatu yang harus kita tunggu dan lihat apakah Israel benar-benar dapat menangani ancaman seperti itu atau akan berada dalam situasi di mana ia akan menderita korban dan terkena rudal-rudal ini,” tambahnya.

Zehavi setuju bahwa seseorang “tidak akan pernah cukup siap untuk perang.”

“Kami tidak memiliki cukup tempat perlindungan di utara. [Ditambah lagi] kami hanya punya waktu 15 detik untuk mencapai tempat perlindungan. Jadi, kami akan melihat kerusakan di kedua belah pihak jika perang besar meletus.”

Untuk saat ini, Zisser yakin bahwa perang besar tidak akan terjadi. “Tidak ada pihak yang tertarik dengan ini,” tegasnya. Amerika juga tidak ingin melihat konflik ini, dan kemungkinan besar Israel dan Hizbullah akan melanjutkan perang gesekan mereka di sepanjang perbatasan.Namun, bagi Zehavi, yang terpenting adalah, terlepas dari apakah perang besar terjadi atau tidak, ancaman Hizbullah harus ditangani dengan tepat.

“Kemampuan Hizbullah perlu ditangani. Rakyat Israel ingin hidup damai, dan rakyat Israel tidak akan pergi ke mana pun. Jadi, kami akan tetap di sini dan akan terus tinggal di sini, dan kami akan melakukan apa pun untuk hidup damai dan terus tinggal di sini,” pungkasnya.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)