AS Perintahkan Riset Potensi Serangan Nuklir di Rusia Barat dan Eropa Timur, untuk Apa?

Jum'at, 13 September 2024 - 09:18 WIB
loading...
AS Perintahkan Riset...
Pentagon memerintahkan riset potensi serangan nuklir di Rusia Barat dan Eropa Timur dan dampaknya. Foto/Brookings
A A A
WASHINGTON - Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah memerintahkan sebuah riset yang mensimulasikan dampak serangan nuklir pada pertanian global.

Menurut pemberitahuan permintaan yang diunggah pada platform pengadaan pemerintah, riset tersebut akan difokuskan pada wilayah di pinggiran Eropa Timur dan Rusia Barat, yang dalam simulasi tersebut merupakan episentrum penyebaran senjata nuklir hipotetis.

Mengutip laporan RIA News, Jumat (13/9/2024), proyek tersebut akan dipelopori oleh Korps Insinyur Angkatan Darat AS, Engineer Research and Development Center (ERDC).



Menurut pemberitahuan tersebut, ERDC telah memilih Terra Analytics, sebuah perusahaan yang berbasis di Colorado yang mengkhususkan diri dalam visualisasi dan analisis data tingkat lanjut, sebagai kontraktor.

Namun, disebutkan bahwa kontraktor potensial lainnya diundang untuk membagikan proposal mereka jika mereka dapat menyediakan layanan serupa.

Pemberitahuan tersebut mencantumkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh kontraktor, seperti menyediakan personel, peralatan, fasilitas, pengawasan, dan hal-hal lain yang diperlukan untuk melakukan studi.

Kontraktor, antara lain, perlu memasukkan pemetaan udara dalam simulasi dan memodelkan skenario di mana "peristiwa nuklir yang tidak merusak" terjadi. Biaya kontrak telah ditetapkan sebesar USD34 juta.

Tidak jelas dari pemberitahuan tersebut bagaimana Pentagon bermaksud menggunakan studi itu.

Namun, perintah tersebut datang pada saat pembicaraan tentang potensi perang nuklir telah meningkat mengingat perang Ukraina dan perselisihan yang berkembang antara NATO dan Rusia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)