11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Kamis, 12 September 2024 - 19:55 WIB
loading...
11 Perang Terpanjang...
Dunia mengalami perang terpanjang yang mencapai ratusan tahun dan mayoritas berlatar agama dan perebutan wilayah. Foto/World Atlas
A A A
LONDON - Konflik dan perang telah menjadi fakta kehidupan yang brutal dalam sejarah manusia. Sepanjang sejarah, dunia telah menyaksikan pertempuran antarbangsa yang telah mengubah jalannya sejarah dan konflik berlarut-larut yang masih berlangsung lama setelah para pejuangnya meninggal dunia.

11 Perang Terpanjang dalam Sejarah Manusia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

1. Reconquista (781 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, mencakup 781 tahun yang luar biasa, Reconquista adalah perang yang panjang dan sulit yang diperjuangkan oleh pasukan Spanyol dan Portugis melawan penguasa Muslim di Semenanjung Iberia. Konflik ini dimulai sekitar tahun 711 M ketika pasukan Islam-Berber menyeberangi Selat Gibraltar.

Para penyerbu ini memasuki Spanyol dan Portugal, dan pada tahun 718 M, bangsa Moor menguasai sebagian besar Iberia. Kerajaan-kerajaan Kristen jatuh ke tangan Khilafah Cordoban hingga khalifah tersebut bubar pada abad ke-11. Setelah itu, kerajaan-kerajaan Kristen perlahan bangkit kembali dan tumbuh mendominasi semenanjung tersebut.

Meskipun ada serangkaian kekalahan dan kemenangan di kedua belah pihak selama berabad-abad ini, akhirnya, pada tahun 1492 M, Granada di Andalusia selatan saat ini akhirnya jatuh ke tangan Ferdinand II dan Isabella I. Kekalahan itu menandai berakhirnya salah satu perang terlama yang tercatat dan mengawali era baru Kekristenan Katolik bagi Iberia saat memasuki Renaisans.

2. Perang Romawi-Jerman (708 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Romawi-Jerman adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama 708 tahun, dari tahun 113 SM hingga tahun 596 M. Bentrokan antara kedua peradaban ini mengakibatkan perpindahan Kekaisaran Romawi dan wilayah leluhur Jermanik dari abad ke-2 SM hingga abad ke-10 M.

Meskipun ada banyak pertempuran dan aliansi selama abad-abad ini, salah satu peristiwa penting adalah kekalahan Romulus Augustus pada tahun 476 oleh Odoacer, yang menandai berakhirnya Kekaisaran Romawi Barat secara resmi. Selama 120 tahun berikutnya, penguasa Frank dan Visigoth terus membedah Kekaisaran Romawi sambil terlibat dengan jenderal Bizantium dari Roma Timur.

Perang Bizantium-Lombard tumpang tindih dengan Perang Romawi-Jerman, dan pada saat inilah Roma Barat tidak ada lagi, sehingga mengakhiri konflik selama 708 tahun tersebut. Sebagai kesimpulan, Perang Romawi-Jerman berlangsung dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berdampak pada wilayah Eropa.

3. Perang Inggris-Prancis atau Waterloo (706 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Inggris-Prancis adalah serangkaian konflik yang terjadi selama 706 tahun, yang berlangsung dari tahun 1109 M hingga kekalahan kedua Napoleon pada tahun 1815. Pada saat itu, Kekaisaran Napoleon menyerah pada kekuatan gabungan Eropa. Perang Inggris-Prancis terutama terjadi untuk menguasai wilayah Prancis dan mencakup pertempuran penting seperti Agincourt, Crecy, dan Waterloo.

Perjuangan awal menyaksikan keberhasilan pengerahan Pasukan Pemanah Panjang Inggris yang legendaris, yang dilatih untuk menggunakan busur panjang yew yang berat sejak usia muda. Namun, Perang Inggris-Prancis juga memiliki konsekuensi yang luas di luar Eropa, memainkan peran penting dalam pembentukan koloni independen di luar negeri. Misalnya, Prancis menyediakan sumber daya penting bagi Amerika Serikat dalam Revolusi Amerika tahun 1775.

Yang cukup menarik, meskipun ada banyak konflik antara Prancis dan Inggris selama periode ini, konflik tersebut tidak berkelanjutan; sebaliknya, ada periode perdamaian yang relatif panjang yang diselingi selama periode tersebut. Frekuensi sporadis tersebut menggambarkan betapa dinamisnya situasi geopolitik pada saat itu, ketika ketegangan dapat beralih dari perang ke perdamaian dalam waktu singkat.


4. Perang Romawi-Persia (681 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Romawi-Persia melibatkan dua kekaisaran paling kuat di dunia kuno dalam konflik. Perang tersebut dimulai pada pertengahan abad ke-1 SM dan baru berakhir pada tahun 628 M, berlangsung selama 681 tahun yang mengejutkan. Perang tersebut dimulai dengan negosiasi yang gagal untuk aliansi antara Mithridates II dan Lucius Cornelius Sulla, diikuti oleh invasi ke Mesopotamia oleh jenderal Romawi Marcus Crassus pada tahun 53 SM.

Selama perang tersebut, ada periode ketika kedua belah pihak meraih kemenangan signifikan satu sama lain. Akhirnya, Kaisar Romawi Timur Heraclius dan saudaranya Theodore berhasil memberikan pukulan fatal bagi Kekaisaran Persia, dan penguasa Persia berikutnya berhasil mengajukan perdamaian. Bahkan saat ini, Perang Romawi-Persia merupakan salah satu perang terpanjang dan paling berpengaruh dalam sejarah, karena inovasi teknologi mengubah taktik militer dunia selama berabad-abad berikutnya.

5. Perang Bizantium-Bulgaria (675 Tahun)

Perang Bizantium-Bulgaria adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama 675 tahun antara Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium) dan Bulgaria. Perang tersebut dimulai ketika Khan Asparuh memimpin rakyatnya, orang-orang Bulgaria, menyeberangi sungai Danube menuju wilayah Bizantium pada tahun 680 M dan mendirikan kerajaan mereka. Meskipun Kekaisaran Bulgaria dan keberhasilannya menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap kedaulatan Bizantium, selama konflik yang berlangsung selama berabad-abad, kedua kekaisaran mencapai tingkat perdamaian dan keamanan tertentu dengan menandatangani perjanjian dan gencatan senjata jangka panjang.

Perdamaian itu akhirnya hancur di bawah Tsar Simeon dan Tsar Ivan Alexander, yang bertekad untuk memperluas Kekaisaran mereka lebih jauh ke wilayah Bizantium. Perang terakhir dari rangkaian tersebut membawa kemenangan bagi Bulgaria pada tahun 1355 M, yang akhirnya mengarah pada penaklukan Ottoman, dan itu menandai berakhirnya kedua kekaisaran.

6. Perang Salib (604 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Perang Salib adalah serangkaian perang agama yang disetujui oleh Gereja Latin antara tahun 1095 M dan 1699 M. Selama periode ini, pasukan dari kerajaan Kristen Eropa berusaha menaklukkan wilayah yang dikuasai Muslim di wilayah Levant di Timur Tengah. Selain itu, Eropa Kristen ingin merebut kembali atau mempertahankan Kerajaan Yerusalem dari kekuasaan Islam.

Penggunaan indulgensi menjadi terkenal di sini, yang merupakan taktik keagamaan yang digunakan gereja untuk meyakinkan para prajurit agar ikut berperang dalam perang salib. Meskipun perang dimulai ribuan tahun yang lalu, pengaruhnya terhadap Eropa dan Islam meluas jauh melampaui medan perang; para sejarawan umumnya setuju bahwa ketegangan agama yang terjadi selama masa ini masih ada hingga saat ini.

Sayangnya, sejarah konflik abad pertengahan yang sering disalahpahami ini telah mengakibatkan persepsi yang tidak akurat bahwa konflik tersebut berakhir lebih awal dari yang sebenarnya, sehingga terjadi kesalahpahaman tentang perang, gangguan, dan kerusuhan selama lebih dari 604 tahun.

7. Perang Arab-Bizantium (421 Tahun)

Melansir World Atlas, Perang Arab-Bizantium adalah serangkaian konflik yang berlangsung selama empat abad dan satu tahun. Permusuhan yang sudah berlangsung lama antara dua kekaisaran besar ini memiliki banyak faktor—termasuk ekonomi, geopolitik, dan agama—yang menyebabkan beberapa pertempuran hingga penyelesaiannya pada tahun 1050 M.

Pada tahun 629 M, Muhammad menentang Kekaisaran Bizantium, dan pada tahun 638 M, pasukan Arab telah menaklukkan Levant, Mesir, dan Persia yang sebelumnya merupakan wilayah Romawi. Bizantium menderita lebih banyak kerugian hingga Kekaisaran tersebut diuntungkan oleh kebangkitan kembali pada abad ke-10.

Melalui dukungan Eropa dalam Perang Salib, Kekaisaran Bizantium mendapatkan kembali dominasi total pada tahun 1100-an. Turki Seljuk menggantikan ancaman orang Arab pada tahun 1050-an, sehingga mengakhiri Perang Arab-Bizantium. Konsekuensi dari perang-perang ini membentuk lanskap di Eropa dan Timur Tengah, menciptakan salah satu dendam paling terkenal dalam sejarah manusia.

8. Konflik Yaman-Ottoman (373 Tahun)

11 Perang Terpanjang dalam di Dunia, Mayoritas Berlatar Agama dan Perebutan Wilayah

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Konflik Yaman-Ottoman mengacu pada pertempuran antara tahun 1538 M dan 1911 M, yang sebagian besar melibatkan Kekaisaran Ottoman dan berbagai faksi di Yaman. Ottoman berusaha memperluas kekuasaan kekaisaran mereka atas wilayah-wilayah di Jazirah Arab, dengan secara eksplisit menargetkan Yaman, sehingga memicu konflik.

Beberapa gubernur Ottoman berturut-turut, seperti Selim II dan Suleiman I, memimpin banyak pertempuran ini, menggunakan kampanye militer melawan penguasa lokal ketika negosiasi diplomatik tidak berhasil. Perang-perang ini menghasilkan perolehan teritorial bagi Ottoman, yang mengarah pada peningkatan kendali atas Yaman dan wilayah-wilayah di sekitarnya.

Berbagai serangan selama periode ini berdampak besar pada budaya dan sejarah Yaman, dengan kedua belah pihak menderita kerugian besar dalam hal manusia dan sumber daya. Akhirnya, pada tahun 1911, setelah 373 tahun bertempur, mereka mencapai kesepakatan yang memberikan otonomi kepada Yaman di bawah kekuasaan Ottoman hingga Perang Dunia I pecah beberapa tahun kemudian.

9. Konflik Maroko-Portugis (354 Tahun)

Melansir World Atlas, konflik Maroko-Portugis berlangsung dari tahun 1415 M hingga 1769 M dan merupakan serangkaian perang dan pertikaian antara Kekaisaran Portugis dan Kerajaan Maroko. Tujuan awal konflik ini adalah agar Portugal menguasai Maroko untuk mempertahankan supremasi angkatan laut mereka di Laut Mediterania Barat. Konflik ini dimulai ketika pasukan Portugis merebut Ceuta pada tahun 1415 dan berupaya merebut kota-kota pesisir lainnya seperti Tangier dan Azemmour.

Sebagai tanggapan, bangsa Maroko melawan balik di bawah banyak Sultan, termasuk Sultan Abd al-Malik, yang menang melawan serangan Portugis pada tahun 1578. Meskipun menghadapi beberapa kekalahan di tangan Abd al-Malik, Portugal masih berhasil mendapatkan beberapa benteng di sepanjang Garis Pantai Maroko.

Akan tetapi, Raja Sebastian dari Portugal tewas dalam pertempuran, dan selama 190 tahun berikutnya, setiap pijakan Portugis ditinggalkan atau dikembalikan. Periode perdamaian relatif ini berlanjut hingga Portugal akhirnya menarik pasukannya dari wilayah Maroko pada tahun 1769.

10. Perang Rusia-Turki (350 Tahun)

Melansir World Atlas, Perang Rusia-Turki adalah serangkaian 12 konflik antara Kekaisaran Rusia dan Kekaisaran Ottoman yang berlangsung dari tahun 1568 M hingga 1918 M. Selama periode ini, kedua kekaisaran bertempur dalam beberapa pertempuran, terutama untuk menguasai tempat-tempat keagamaan di Tanah Suci, akses ke Laut Hitam, dan wilayah di Eropa Timur dan Kaukasus. Pada tahun 1569, sultan Ottoman Selim II berusaha mengusir Rusia keluar dari Volga bagian bawah dengan mengirimkan ekspedisi militer ke Astrakhan, yang memicu konflik paling awal antara Ottoman dan Rusia.

Selanjutnya, banyak bentrokan terjadi di wilayah seperti Krimea, yang berpindah tangan beberapa kali hingga akhirnya Rusia mencaploknya pada tahun 1783. Konflik besar berikutnya terjadi pada tahun 1828 ketika Rusia menyatakan perang terhadap Turki karena keterlibatannya dalam gerakan kemerdekaan Yunani.

Eskalasi ini kemudian meluas ke Rumania dan Bulgaria, yang menyebabkan perolehan teritorial lebih lanjut bagi Rusia. Kemudian, selama Perang Dunia I, Rusia bergabung dengan Inggris melawan Jerman dan sekutunya, termasuk Turki, yang menghasilkan kemenangan telak bagi Rusia dan sekutunya di Perjanjian Brest-Litovsk pada tahun 1918, yang secara resmi mengakhiri semua permusuhan.

11. Konflik Spanyol-Moro (333 Tahun)

Melansir World Atlas, konflik Spanyol-Moro adalah pertikaian selama berabad-abad antara Kekaisaran Spanyol dan berbagai faksi Muslim di Filipina, yang berlangsung dari tahun 1565 M hingga 1898 M. Selama periode ini, Spanyol berperang melawan pasukan Muslim seperti Tausūg, Maguindanao, Maranao, dan suku-suku lainnya. Suku-suku ini berlomba-lomba untuk menguasai wilayah di kepulauan Filipina modern.

Pertempuran terbesar dari konflik ini terjadi pada Pertempuran Manila pada tahun 1571, yang menyaksikan armada penyerang yang dipimpin oleh Spanyol muncul sebagai pemenang dalam pertempuran mereka melawan pasukan Moro yang besar di bawah Datu Lapulapu yang tinggal di kota tersebut.

Kemudian, pada tahun 1637, Sultan Kudarat memulai pemberontakan besar-besaran terhadap kekuasaan kolonial Spanyol. Akan tetapi, karena teknologi canggih yang digunakan oleh tentara Spanyol, mereka akhirnya dikalahkan, yang menyebabkan mundurnya pasukan Muslim dari banyak bagian negara tersebut. Pada abad ke-19, konfrontasi militer antara kedua belah pihak berlanjut hingga tahun 1898, ketika Spanyol akhirnya melepaskan kedaulatannya atas koloni-koloninya setelah kekalahannya dalam Perang Spanyol-Amerika.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)