Kematian Baghdadi Hanyalah Kemunduran Kecil bagi ISIS

Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:21 WIB
Kematian Baghdadi Hanyalah Kemunduran Kecil bagi ISIS
Kematian Baghdadi Hanyalah Kemunduran Kecil bagi ISIS
A A A
MANILA - Filipina dan Malaysia menyebut kematian pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi adalah pukulan yang cukup serius bagi ISIS. Namun, secara menyeluruh, ini hanyalah satu kemunduran kecil bagi kelompok tersebut.

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan, ideologi yang ditanamkan oleh ISIS kepada pendukungnya sudah terlalu kuat. Oleh karena itu, meski Baghdadi telah tewas, ideologi itu akan tetap bertahan dan bukan tidak mungkin akan bertambah kuat.

"Ini merupakan pukulan bagi organisasi yang mempertimbangkan status Baghdadi sebagai seorang pemimpin. Tapi ini hanya sebuah kemunduran sesaat mengingat kedalaman dan jangkauan organisasi di seluruh dunia. Seseorang akan menggantikan tempatnya," ucapnya.

Sementara itu, kepala badan kontra terorisme Malaysia, Ayob Khan Mydin Pitchay mengatakan keprihatinan sebenarnya bukanlah sosok dari siapa yang meminpin ISIS, tetapi efek dari ajarannya.

"Ini kabar baik, tetapi kematiannya akan berdampak kecil di sini karena masalah utama tetap penyebaran ideologi ISIS," ungkapnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (29/10/2019).

"Yang paling kami khawatirkan sekarang adalah serangan 'serigala betina' dan mereka yang diradikalisasi melalui internet. Kami masih melihat penyebaran ajaran IS secara online. IS publikasi dan majalah dari tahun lalu sedang direproduksi dan dibagikan ulang," imbuhnya.

Keberadaan anggota dan simpatisan ISIS sendiri diketahui menjadi ancaman bagi negara-negara di Asia Tenggara, khususnya Filipina, Malaysia dan Indonesia. Simpatisan ISIS telah bertanggung jawab atas serangkaian serangan di tiga negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)