4 Alasan Jerman Memperketat Perbatasan, Salah Satunya Tak Mau Menampung Imigran Ukraina

Kamis, 12 September 2024 - 11:10 WIB
loading...
A A A
Imigrasi juga merupakan masalah utama di negara bagian Brandenburg, tempat pemilihan umum akan diadakan dalam dua minggu. Pemilihan federal akan diadakan tahun depan. Partai Sosial Demokrat (SPD) sayap kiri-tengah yang dipimpin Scholz dan Faeser akan berjuang untuk mempertahankan kendali di Brandenburg dalam uji coba sebelum pemungutan suara nasional.

"Konteks yang berubah ini dan terutama pemilihan umum yang akan datang dapat mendorong Jerman untuk memberlakukan lebih banyak pembatasan terhadap pencari suaka," kata Hannes Schammann, kepala Kelompok Penelitian Kebijakan Migrasi di Universitas Hildesheim di Jerman utara.

“Semua partai demokrasi mengkhawatirkan kebangkitan populisme sayap kanan. Oleh karena itu, kita akan menyaksikan banyak pendekatan berbeda untuk mencegah pengungsi mencapai Jerman,” katanya kepada Al Jazeera.

Profesor analisis kebijakan migrasi itu mengatakan langkah-langkah itu dapat memicu “tantangan hukum yang berat”, bahkan berpotensi berpuncak pada penghapusan pasal konstitusi Jerman yang menjamin hak suaka.

“Ini bisa menjadi titik balik bagi citra diri Jerman pasca-Nazi sebagai rumah bagi hak asasi manusia. Ini tidak akan berhenti pada kebijakan migrasi,” katanya.

Menurut Schammann, negara-negara tetangga Jerman mungkin juga bereaksi dengan menutup atau membatasi perbatasan mereka, yang dapat memperkuat apa yang disebut Benteng Eropa – istilah yang berasal dari Perang Dunia II yang telah digunakan untuk merujuk pada kontrol benua itu atas perbatasan dan imigrasinya.

Menteri Dalam Negeri Austria Gerhard Karner menekankan setelah langkah-langkah Berlin pada hari Senin – yang juga mencakup pengumuman bahwa 30.000 orang telah ditolak sejak Jerman menerapkan kontrol perbatasan parsial pada tahun 2023 – bahwa negaranya tidak akan menerima migran yang ditolak oleh Jerman.

“Tidak ada ruang untuk bermanuver di sana,” katanya.

“Eropa akan mencoba mempertahankan persatuan dengan mengorbankan pelanggaran konvensi internasional,” kata Schammann, seraya menambahkan bahwa sebagian besar tekanan migrasi akan diarahkan kepada mereka yang datang dari Timur Tengah dan Afrika Utara karena jumlah imigrasi diperkirakan tidak akan turun.

“Jika Jerman dan Eropa menolak tanggung jawab mereka dalam penerimaan pengungsi, ini akan mengguncang kepercayaan pada tatanan internasional di seluruh dunia.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)