Korut Ulang Tahun, Putin dan Xi Jinping Ucapkan Selamat kepada Kim Jong-un

Senin, 09 September 2024 - 09:13 WIB
loading...
Korut Ulang Tahun, Putin...
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mendapat ucapan selamat dari Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping atas ulang tahun berdirinya Korea Utara. Foto/KCNA
A A A
PYONGYANG - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping mengirim ucapan selamat kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un yang merayakan ulang tahun berdirinya Korut, Senin (9/9/2024).

"Saya yakin bahwa kemitraan strategis komprehensif antara Rusia dan DPRK akan diperkuat secara terencana berkat upaya bersama kita," kata Putin, yang dilansir KCNA.

DPRK adalah singkatan dari Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korea Utara.

Pesan Presiden Xi Jinping, menurut laporan KCNA, menyerukan komunikasi strategis dan kerja sama yang lebih mendalam antara China dengan Korea Utara.



Tahun lalu, Kim Jong-un memperingati hari berdirinya Korea Utara pada tanggal 9 September dengan parade kelompok paramiliter dan pertukaran diplomatik di mana dia berjanji untuk memperdalam hubungan dengan China dan Rusia.

Menjelang ulang tahun Korea Utara, Kim Jong-un mengunjungi lokasi pembangunan pangkalan Angkatan Laut modern baru dan telah berjanji untuk lebih mengembangkan kekuatan maritim negaranya.

Menurut Kim, lokasi fasilitas baru tersebut akan memberi Pyongyang keuntungan strategis.

Akhir tahun lalu, Kim memerintahkan militer dan industri manufaktur senjata Korea Utara untuk lebih mempercepat persiapan perang dalam menghadapi apa yang dia gambarkan sebagai tindakan konfrontasi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap negara tersebut oleh Amerika Serikat dan sekutu regionalnya.

Korea Utara sejak itu telah mengintensifkan uji coba rudal dan juga meluncurkan peluncur roket ganda baru dan pesawat nirawak kamikaze, di antara persenjataan lainnya.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)