Saudi Tunjuk Pangeran dengan Pengalaman Barat Sebagai Menlu Baru

Kamis, 24 Oktober 2019 - 06:39 WIB
Saudi Tunjuk Pangeran dengan Pengalaman Barat Sebagai Menlu Baru
Saudi Tunjuk Pangeran dengan Pengalaman Barat Sebagai Menlu Baru
A A A
RIYADH - Arab Saudi menunjuk Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud yang memiliki pengalaman diplomatik di Barat sebagai menteri luar negeri (menlu) yang baru. Menlu baru Saudi itu diumumkan sebagai bagian dari perombakan kabinet Saudi untuk memperbaiki citranya di mata internasional.

Selain itu, Saudi ingin mempersiapkan diri untuk mengambil alih kepresidenan Grup 20 tahun depan. Pangeran Faisal telah menjabat beberapa bulan lalu sebagai Duta Besar (Dubes) Saudi untuk Jerman dan sebelumnya sebagai penasehat politik di Kedutaan Besar (Kedubes) Saudi di Washington. Dia sebelumnya memiliki karir bisnis di industri pertahanan termasuk sebagai chairman perusahaan gabungan dengan produsen pesawat Boeing.

Saudi merupakan aliansi utama Amerika Serikat (AS) dalam melawan Iran. Negara itu mendapat kritik dari Barat tahun lalu terkait catatan hak asasi manusia (HAM).

Menlu Saudi Ibrahim al-Assaf akan segera melepas jabatan sebagai menlu tapi tetap aktif di kementerian. Ibrahim sebelumnya merupakan menteri keuangan dan ditunjuk setahun lalu untuk restrukturisasi kementerian luar negeri.
Beberapa posisi menteri lainnya juga dirombak. "Sebagai bagian dari perombakan kabinet, Saleh al-Jasser yang merupakan direktur jenderal Saudi Arabian Airlines menggantikan Nabil al-Amoudi sebagai menteri transportasi," ungkap laporan media lokal.
Belum jelas apakah Amoudi akan memiliki posisi lain dalam pemerintahan. Dia ditunjuk bulan lalu sebagai dewan direksi perusahaan minyak negara Saudi Aramco yang akan meluncurkan saham perdana (IPO).
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4810 seconds (0.1#10.140)