alexametrics

Lebih dari 100 Kendaraan Militer AS Memasuki Irak dari Suriah

loading...
Lebih dari 100 Kendaraan Militer AS Memasuki Irak dari Suriah
Konvoi kendaraan militer AS terlihat setelah ditarik dari Suriah utara di perbatasan Irak-Suriah, Sahela, utara Dohuk, Irak, 21 Oktober. Foto/REUTERS/Kawa Omar
A+ A-
DOHUK - Pasukan Amerika Serikat (AS) melintas memasuki Irak dari Suriah melalui perlintasan perbatasan Sahela di provinsi Dohuk.

Rekaman video Reuters menunjukkan barisan kendaraan lapis baja membawa tentara menuju Irak. Pergerakan ini bagian dari penarikan pasukan AS dari Suriah. "Lebih dari 100 kendaraan militer melintas," ungkap kameraman Reuters.

Sumber keamanan Kurdi Irak juga menjelaskan, pasukan AS telah melintas masuk ke wilayah semi otonom Kurdi di Irak. "Sekitar 30 trailer dan Hummer membawa peralatan berat melintas, dengan tentara di sejumlah kendaraan," papar sumber keamanan Irak.



Sumber lainnya di Mosul juga menjelaskan pasukan AS telah melintas masuk Irak dari Sahela.

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Mark Esper menjelaskan, sekitar 1.000 tentara yang ditarik dari Suriah utara diperkirakan bergerak ke Irak barat untuk melanjutkan kampanye melawan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan membantu membela Irak.

Pada pekan lalu, Turki sepakat dengan Wakil Presiden AS Mike Pence untuk lima hari gencatan senjata di Suriah timur laut demi memberi waktu pejuang Kurdi mundur dari zona aman yang hendak diciptakan Turki di sepanjang perbatasannya dengan Suriah.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak