Arkeolog Temukan Kota Kuno yang 'Hilang' di Hutan Kamboja

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 05:32 WIB
Arkeolog Temukan Kota Kuno yang Hilang di Hutan Kamboja
Arkeolog Temukan Kota Kuno yang 'Hilang' di Hutan Kamboja
A A A
PHNOM PENH - Sejumlah arkeolog berhasil menemukan sebuah kota kuno yang 'hilang' tersembunyi di hutan Kamboja. Kota kuno bernama Mahendraparvata tersembunyi di bawah hutan lebat Kamboja.

Kota Mahendraparvata adalah salah satu Ibu Kota pertama Kekaisaran Khmer, yang mengendalikan petak besar Asia Tenggara dari abad kesembilan hingga ke-15.

Selama 150 tahun terakhir, para arkeolog telah menemukan artefak yang mereka duga berasal dari Mahendraparvata, tetapi mereka tidak memiliki cukup bukti untuk mendukung hubungan tersebut sampai sekarang.

Sebuah makalah baru telah mengkonfirmasi lokasi Mahendraparvata di pegunungan Kamboja yang disebut Phnom Kulen. Dari 2012 hingga 2017, tim peneliti internasional mengamati hampir 600 sisa-sisa peradaban kuno yang baru ditemukan. Penemuan ini termasuk kuil, istana kerajaan, dan kuil berbentuk piramida.

Kota ini tersusun dalam jejaring raksasa, yang akan menjadikan Mahendraparvata salah satu lanskap rekayasa pertama di zaman itu. Tetapi sampai baru-baru ini, menurut para peneliti di balik kertas, daerah tersebut telah menerima perhatian yang sangat kecil.

"Kota itu hampir seluruhnya hilang dari peta arkeologis, kecuali sebagai sebaran poin yang menunjukkan sisa-sisa beberapa kuil bata," kata mereka seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (19/10/2019).

Sekarang peradaban tersebut memiliki lokasi yang dikonfirmasi, dan hal itu bisa memberikan wawasan baru tentang bagaimana kota dibangun lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Mahendraparvata mungkin bukan kota yang berkembang lama. Kota ini berfungsi sebagai Ibu Kota selama tahun-tahun antara abad ke delapan dan kesembilan. Tetapi para arkeolog percaya kota ini mungkin hanya berfungsi seperti itu selama beberapa dekade sebelum Kekaisaran Khmer memindahkan operasinya ke Angkor.

Setelah kota itu ditinggalkan, struktur kayunya kemungkinan hancur, meninggalkan sedikit bukti bahwa kota itu pernah ada. Apa yang sedikit diketahui tentang Mahendraparvata dilestarikan dalam prasasti kuno.

Pada awal abad ke-20, para arkeolog mulai berspekulasi bahwa kota itu terletak di dataran tinggi yang memanjang di wilayah tersebut. Kecurigaan itu semakin kuat pada 1930-an, ketika sejarawan Philippe Stern menemukan kuil dan saluran air di daerah itu yang berasal dari abad kesembilan.

Tetapi para sejarawan masih kesulitan memastikan bahwa reruntuhan itu milik Mahendraparvata.

Situs ini ditutupi oleh pohon lebat yang membuatnya sulit untuk mengamati dasar hutan. Juga agak berbahaya untuk dikunjungi: Dari awal 1970-an hingga akhir 1990-an, daerah itu diduduki oleh Khmer Merah, rezim brutal yang melakukan genosida di Kamboja, dan medannya masih tersebar dengan ranjau darat.

Sebuah kelompok penelitian yang dipimpin oleh lembaga nirlaba Archaeology Development Foundation menemukan cara mengatasi masalah ini. Mereka menggunakan pemindai laser dari pesawat terbang untuk mengintip melalui kanopi hutan. Laser mengirimkan pulsa cahaya inframerah, yang mengenai tanah kemudian memantul kembali ke pesawat, di mana mereka direkam oleh pemindai. Peneliti menggunakan pemindaian untuk membuat model 3D dari medan.

Pada 2013, mereka menerbitkan sebuah makalah yang hampir mengidentifikasi Mahendraparvata sebagai pemukiman perkotaan di Phnom Kulen. Selama beberapa tahun berikutnya, mereka terus memindai wilayah tersebut dan menguatkan temuan mereka dengan penggalian di darat. Laporan terbaru mereka, yang diterbitkan pada hari Selasa, mengkonfirmasi bahwa mereka memang telah menemukan kota tersembunyi itu.

Mahendraparvata tampaknya telah menjadi tempat uji coba untuk inovasi dan tata ruang kota yang datang untuk mendefinisikan Kekaisaran Khmer selama 500 tahun ke depan.

"Kota ini jelas perkotaan," menurut para peneliti.

Sebuah jaringan jalan raya membaginya menjadi sebuah grid. Di dalam kisi itu, tanah dibagi menjadi blok-blok kota sekitar satu mil panjangnya dan satu mil lebarnya.

Para peneliti juga menemukan bukti dari sistem pengelolaan air skala besar yang mencakup bendungan dan reservoir yang belum selesai.

"Bahkan jika itu tidak pernah berfungsi, reservoir di Mahendraparvata adalah prototipe untuk danau buatan yang luas yang akan menjadi fitur yang menentukan Angkor nanti," tulis tim arkeolog.

Berdasarkan bukti ini, para peneliti percaya kota ini pernah menjadi tuan rumah pengadilan kerajaan dan "populasi besar" staf administrasi.

Tapi kota itu tidak memiliki pusat kota yang padat yang dikelilingi oleh dinding atau parit, juga tidak dikelilingi oleh lingkungan yang jarang. Dengan cara itu, Mahendraparvata menentang pola rapi yang sebelumnya dikaitkan para peneliti dengan kota-kota di wilayah tersebut.

"Ini benar-benar unik di dunia Khmer," tulis para peneliti. Mereka menambahkan bahwa tata letak mendorong sejarawan untuk tidak menganggap kota Khmer sebagai ruang yang terdefinisi dengan rapi, terdefinisi dengan baik, dan padat, tetapi untuk menganggapnya sebagai komponen kontinum ruang perkotaan dan pedesaan yang berantakan dan kompleks.

Memahami tata ruang kota juga memberi peneliti gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang tampak seperti Kekaisaran Khmer secara keseluruhan.

"Makalah mereka secara efektif mendekati 150 tahun pekerjaan pemetaan arkeologis di wilayah Greater Angkor," tulis kelompok itu. Langkah selanjutnya, kata mereka, adalah menyelesaikan pertanyaan mendasar tentang orang-orang yang tinggal di sana.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)