AS Ingin Kirim Rudal JASSM, Rusia: Jangan Bercanda, Hati-hati agar Tak Perang Dunia III!

Kamis, 05 September 2024 - 12:48 WIB
loading...
AS Ingin Kirim Rudal...
AS berencana mengirim rudal jarak jauh JASSM ke Ukraina, Rusia memperingatkan Amerika untuk tidak melewati garis merah agar terhindar dari Perang Dunia III. Foto/Senior Master Sgt Michael Jackson/USAF
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) berencana mengirim rudal jarak jauh ke Ukraina yang bisa digunakan untuk menyerang lebih dalam wilayah Rusia.

Moskow memperingatkan Washington untuk berhati-hati dalam mendukung Kyiv agar terhindar dari Perang Dunia III.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Amerika sangat menyadari bahwa setiap keputusan untuk memasok Ukraina dengan rudal jarak jauh akan melewati "garis merah" Moskow.

Baca Juga: Abaikan Peringatan Rusia, AS Segera Berikan Rudal Jarak Jauh pada Ukraina

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa pejabat Amerika hampir menyetujui pasokan rudal jelajah jarak jauh ke Kyiv. Rudal yang dimaksud adalah Joint Air-to-Surface Standoff Missiles (JASSM), memiliki jangkauan hingga 900 km dan dapat ditembakkan dari jet tempur F-16 Ukraina pasokan Barat.

“Amerika telah melangkahi garis merah yang mereka buat,” kata Lavrov kepada jurnalis Pavel Zarubin pada hari Rabu, merujuk pada keengganan Washington yang sudah lama untuk memberi Ukraina senjata yang mampu menyerang jauh di dalam wilayah Rusia.

“Mereka semakin berani, dan [pemimpin Ukraina Volodymyr] Zelensky tentu melihat ini dan menggunakannya,” lanjut Lavrov.

“Tetapi mereka perlu mengerti, mereka bercanda tentang garis merah kami. Jangan bercanda tentang garis merah kami. Mereka tahu betul apa itu," papar diplomat top Rusia tersebut, yang dilansir Russia Today, Kamis (5/9/2024).

Bulan lalu, Lavrov menyatakan bahwa AS dan sekutunya akan “mencari masalah” jika mereka mencabut aturan yang melarang Ukraina melancarkan serangan jarak jauh terhadap Rusia.

"Saya ingin mengutip lagi pernyataan dari [juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John] Kirby, yang mengatakan bahwa [AS] harus sangat berhati-hati dalam meningkatkan dukungan untuk Ukraina agar terhindar dari Perang Dunia III," kata Lavrov.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)