Paus Hvaldimir Diduga Mata-mata Rusia Ternyata Ditembak Mati di Sekujur Tubuhnya

Kamis, 05 September 2024 - 11:11 WIB
loading...
Paus Hvaldimir Diduga...
Hvaldimir, ikan paus beluga diduga mata-mata Rusia yang mati di negara NATO ternyata akibat ditembak. Foto/Helene OBarry via BBC
A A A
OSLO - Kelompok hak asasi satwa mengatakan penyebab kematian Hvaldimir, ikan paus beluga yang diduga mata-mata Rusia, di Norwegia adalah tembakan.

Organisasi NOAH dan One Whale mengatakan mereka telah mengajukan pengaduan kepada polisi Norwegia, meminta mereka untuk membuka penyelidikan kriminal.

Ikan paus tersebut dinamai Hvaldimir, yang sejatinya adalah plesetan kata dari bahasa Norwegia untuk paus (hval) dan hubungannya dengan Moskow. Ia pertama kali muncul di lepas pantai di wilayah Finnmark, Norwegia utara, pada tahun 2019.



Menjadi selebritas di Norwegia, Hvaldimir ditemukan mati pada hari Sabtu di sebuah teluk di pantai barat daya negara NATO tersebut.

Jasadnya diangkut ke cabang lokal Institut Kedokteran Hewan Norwegia pada hari Senin untuk diautopsi.

"Ia memiliki banyak luka tembak di sekujur tubuhnya," kata Regina Crosby Haug, kepala One Whale, yang didirikan untuk melacak paus beluga, kepada AFP setelah melihat jasad Hvaldimir pada hari Senin.

Foto-foto yang diterbitkan pada hari Rabu oleh kedua organisasi tersebut menunjukkan apa yang tampak seperti peluru yang bersarang di lubang-lubang di tubuh hewan yang berlumuran darah itu.

“Luka-luka pada paus itu mengkhawatirkan dan tidak dapat menyingkirkan kemungkinan tindak pidana—ini mengejutkan,” kata direktur NOAH Siri Martinsen dalam sebuah pernyataan.

“Mengingat adanya dugaan tindak pidana, sangat penting bagi polisi untuk segera terlibat,” katanya lagi, seperti dikutip dari AFP, Kamis (5/9/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)