10 Fakta yang Mungkin Tidak Anda Ketahui tentang Vatikan

Rabu, 04 September 2024 - 13:01 WIB
loading...
10 Fakta yang Mungkin...
Paus Fransiskus menyampaikan berkatnya saat membaca doa Angelus di siang hari dari jendela ruangnya yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, Minggu, 1 September 2024. Foto/AP/Andrew Medichini
A A A
VATIKAN - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut meriah oleh warga. Dia merupakan pemimpin umat Katolik di dunia.

Dia memimpin umat Katolik dunia dengan pusatnya di Vatikan, negara yang berbatasan dengan Italia.

Berikut ini berbagai fakta tentang Vatikan:

1. Kota Vatikan adalah Negara Terkecil di Dunia

Dikelilingi oleh perbatasan sepanjang 2 mil dengan Italia, Kota Vatikan adalah negara-kota independen yang luasnya hanya 100 hektar, menjadikannya seperdelapan dari ukuran Central Park di New York.

Kota Vatikan diperintah sebagai monarki absolut dengan Paus sebagai pemimpinnya. Vatikan mencetak euro sendiri, mencetak perangko sendiri, menerbitkan paspor dan pelat nomor sendiri, mengoperasikan outlet media, dan memiliki bendera dan lagu kebangsaan sendiri.

Satu fungsi pemerintahan yang tidak dimilikinya: perpajakan. Biaya masuk museum, penjualan perangko dan suvenir, dan sumbangan menghasilkan pendapatan Vatikan.

2. Basilika Santo Petrus Berada di Atas Kota Orang Mati, Termasuk Makam yang Menyandang Namanya


Satu pekuburan Romawi berdiri di Bukit Vatikan pada zaman pagan. Ketika kebakaran besar melanda sebagian besar Roma pada tahun 64 M, Kaisar Nero, yang berusaha mengalihkan kesalahan dari dirinya sendiri, menuduh orang-orang Kristen sebagai pemicu kebakaran tersebut.

Dia mengeksekusi mereka dengan membakar mereka di tiang pancang, mencabik-cabik mereka dengan binatang buas, dan menyalibkan mereka.

Di antara mereka yang disalibkan adalah Santo Petrus, murid Yesus Kristus, dan uskup pertama Roma, yang konon dimakamkan di kuburan dangkal di Bukit Vatikan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)