Penghapusan Peta Tepi Barat oleh Netanyahu Picu Kecaman Dunia

Rabu, 04 September 2024 - 07:39 WIB
loading...
A A A
Tim sepak bola nasional Aljazair, Algeria FC, juga ikut dalam perbincangan tersebut, dengan mengatakan, "Seandainya genosida di Gaza tidak cukup jelas dan Anda memerlukan bukti lebih lanjut tentang rencana Israel untuk menghapus Palestina sepenuhnya."

Jurnalis Rania Abouzeid mengatakan ini bukan pertama kalinya Netanyahu menunjukkan peta yang "menghapus Palestina".

Aktivis dan pengunjuk rasa pro-Palestina telah sering dikritik karena menggunakan slogan "dari sungai ke laut", dengan kritikus yang mengatakan frasa tersebut bersifat antisemit.

Jurnalis dan pembuat film Robert Mackey menunjukkan insiden tersebut merupakan manifestasi fisik dari frasa tersebut.

“Benjamin Netanyahu menyiarkan rencananya untuk melakukan pembersihan etnis dan penghancuran tanpa pandang bulu terhadap kehidupan warga Palestina dari sungai hingga ke laut lepas… Namun, AS, Inggris, dan Uni Eropa akan mengoceh omong kosong tentang mendorong Israel menuju solusi dua negara sambil memasok senjata kepadanya untuk mewujudkan rencana kolonial genosidanya,” tegas pembawa acara TV dan jurnalis Afshin Rattansi di X.

Analis media sosial, penulis, dan profesor Marc Owen Jones mengatakan ancaman penghapusan Palestina telah meningkat sejak Perjanjian Abraham.

Pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa September lalu, Netanyahu menyajikan peta yang menunjukkan “Timur Tengah baru” di mana Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki tampak sebagai bagian dari Israel.

Peta keliru sebelumnya yang ditunjukkan Netanyahu juga memasukkan wilayah Palestina sebagai bagian dari Israel pada tahun 1948.

Israel tidak mengendalikan Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur atau Jalur Gaza, setelah pembentukannya pada tahun 1948 di 80% wilayah Palestina yang bersejarah.

Israel menduduki wilayah tersebut secara ilegal pada tahun 1967 dan terus melakukannya, dalam apa yang dikenal sebagai pendudukan terlama dalam sejarah modern.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)