Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Senin, 02 September 2024 - 18:55 WIB
loading...
Israel Ingin Bumi Hanguskan...
Israel ingin membumihanguskan Jenin. Foto/AP
A A A
GAZA - Di tengah serangan terbesar Israel di Tepi Barat yang diduduki sejak Intifada kedua, kota Jenin dan kamp pengungsi di dekatnya sekali lagi menjadi fokus serangan militer Israel.

Pada saat artikel ini ditulis, kota Jenin, yang menampung hampir 50.000 orang, dikepung oleh pasukan Israel sebagai bagian dari serangan yang lebih luas yang telah menyaksikan serangan yang dilancarkan di Jenin, Nablus, Tubas, Tulkarem dan sejauh ini telah menewaskan 10 warga Palestina dan melukai banyak lagi lainnya.

Akses ke rumah sakit telah diblokir dengan penghalang tanah, sementara fasilitas medis lainnya dikelilingi oleh pasukan.

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Palestina (PA) yang berkuasa, yang memiliki tanggung jawab nominal atas wilayah tersebut, mengatakan rumah sakit dikepung dan memperingatkan tentang "dampak" atas apa yang dikatakannya sebagai ancaman untuk menyerbunya.

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

1. Jenin Dijuluki Gaza dalam Skala Lebih Kecil

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Jenin telah menjadi titik fokus serangan militer Israel berkali-kali sebelumnya, yang, dalam sejarah panjang serangan militer, dalam kata-kata Zaid Shuabi, seorang organisator hak asasi manusia Palestina di Tepi Barat, "seperti Gaza dalam skala yang lebih kecil".

“Anda tidak melihat jalan karena jalan tersebut hancur. Infrastrukturnya … sistem pembuangan limbah dan listrik serta pipa air dan jaringan telekomunikasi rusak,” katanya kepada Al Jazeera pada bulan Juni.

Dari serangan saat ini hingga kekerasan Intifada kedua antara tahun 2000 dan 2005, Jenin jarang sekali terhindar dari badai terburuk yang terus berkecamuk di Tepi Barat.

2. Dihuni 14.000 Pengungsi dan Mayoritas Pengangguran

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Kamp pengungsi di Jenin diperkirakan menjadi rumah bagi sekitar 14.000 orang, hampir semuanya adalah keturunan warga Palestina yang dirampas tanah dan rumah mereka saat negara Israel didirikan pada tahun 1948.

Kondisi di kamp tersebut sangat menyedihkan. Dari 10 kamp di seluruh Tepi Barat yang diduduki, Jenin memiliki tingkat pengangguran dan kemiskinan tertinggi, menurut badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA.

Pada bulan Januari tahun lalu, serangan Israel terhadap kamp pengungsi tersebut menjadi berita utama di seluruh dunia. Selama penyerbuan tersebut, 10 warga Palestina terbunuh, salah satunya adalah seorang nenek, Majida Obaid.

Selama serangan berulang kali, pasukan Israel menghancurkan seluruh lingkungan, dengan alasan bahwa mereka melindungi para pejuang. Warga sipil dihukum dalam proses tersebut – dibunuh, ditangkap, atau kehilangan tempat tinggal, kata para aktivis kepada Al Jazeera.

3. Memiliki Pengalaman Buruk terhadap Israel selama Intifada Kedua

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Jenin sangat terpukul selama Intifada kedua.

Pada tahun 2002, Israel melancarkan serangan besar-besaran ke kamp pengungsi Jenin, tempat terjadinya beberapa kekerasan terburuk selama kerusuhan.

Selama hari-hari kekerasan pada bulan April tahun itu, infanteri Israel, pasukan komando, dan helikopter serbu bertempur melawan pejuang bersenjata ringan dan jebakan rakitan di seluruh kamp sipil, dalam tanggapan yang kemudian dikutuk sebagai "tidak proporsional" oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Sebuah laporan PBB yang dikeluarkan akhir tahun itu, mengatakan 52 warga Palestina tewas, dengan setengahnya adalah warga sipil.

Israel kehilangan 23 tentara.

4. Terdapat Banyak Kelompok Pejuang Palestina yang Memiliki Senjata

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Beberapa kelompok bersenjata hadir di Jenin, termasuk Jihad Islam Palestina.

Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dan sayap bersenjata faksi Fatah milik Presiden PA Mahmoud Abbas juga hadir, dengan para pejuang di kamp tersebut beroperasi di bawah payung Brigade Jenin.

“Kelompok-kelompok ini [di Jenin] dimulai sebagai mekanisme pertahanan komunitas, jadi semakin keras serangan Israel dan semakin sistemik, semakin besar kelompok-kelompok ini,” Tahani Mustafa, seorang pakar Israel-Palestina untuk International Crisis Group, kepada Al Jazeera awal tahun ini.

Ia mengatakan para pemuda yang bergabung dengan kelompok ini bereaksi terhadap pendudukan Israel yang semakin dalam dan kecewa dengan PA, yang mengelola Tepi Barat yang diduduki dan dipandang sebagai pembantu Israel oleh banyak warga Palestina.

Prospek upah tetap yang sering menyertai keanggotaan kelompok bersenjata, serta kesempatan untuk "mati dengan bangga", menyebabkan lebih banyak pemuda bergabung dalam barisan perlawanan, Shuabi, aktivis hak asasi manusia Palestina, mengatakan kepada Al Jazeera.

"Keluarga para martir - bahkan jika mereka merasakan sakit - memahami mengapa saudara laki-laki [atau putra] mereka atau anggota keluarga lainnya terlibat dalam perlawanan," katanya kepada Al Jazeera.

"Bahkan jika mereka bukan anggota perlawanan, mereka menjadi sasaran. Mereka menganggap bahwa mereka mungkin juga mati dengan bangga dengan menjadi anggota perlawanan."


5. Telah Diincar oleh Politikus Sayap Kanan

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Posisi Jenin dalam imajinasi populer Israel sebagai pusat perlawanan sering tercermin dalam parlemen negara itu, Knesset.

Pada bulan Desember tahun lalu, setelah operasi militer sebelum fajar di Jenin, Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir membela tentara Israel yang telah menggunakan pengeras suara masjid untuk menyiarkan lagu-lagu keagamaan Yahudi kepada penduduk sekitar.

Pada bulan Juni tahun yang sama, setelah serangan lebih lanjut ke daerah tersebut, Menteri Keuangan sayap kanan Israel Bezalel Smotrich menyerukan pengerahan militer penuh ke kota itu, termasuk tank dan kekuatan udara, setelah tujuh tentara Israel terluka selama pertempuran di sana.

Pasukan Israel telah menewaskan empat warga Palestina dalam operasi itu.

6. Israel Tidak Mengenal Rasa Kemanusiaan

Israel Ingin Bumi Hanguskan Jenin, Berikut 6 Motivasinya

Foto/AP

Menurut Ori Goldberg, seorang analis politik yang berbasis di Tel Aviv, status Jenin sebagai kamp pengungsi gagal diterima oleh masyarakat Israel yang sudah terbiasa melihat dirinya sebagai korban.

“Tidak, isu kemanusiaan dan penderitaan Palestina tidak terlalu penting bagi Israel,” katanya. “Anda mendengar ungkapan seperti ‘sarang terorisme’ dan ungkapan tidak manusiawi lainnya tentang Jenin lebih sering daripada di tempat lain.”

Sebagian karena itu, kehadiran militer Israel telah tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi di sekitar kamp pengungsi di Jenin dan Tulkarem sejak awal perang di Gaza daripada di tempat lain, kata Goldberg.

“Itu bagian dari siklus yang sama,” lanjutnya, menguraikan bagaimana perlawanan bersenjata di Jenin telah menyebabkan tanggapan default di antara para anggota parlemen Israel dan masyarakat, “Oh, Jenin. Itu buruk. Kita harus melakukan sesuatu”, sebelum seruan untuk aksi militer disuarakan dan rincian tuduhan apa pun diberikan.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0824 seconds (0.1#10.140)