5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

Senin, 02 September 2024 - 09:40 WIB
loading...
5 Dilema Penundaan Serangan...
Iran mengalami banyak dilema dengan penundaan serangan ke Israel. Foto/AP
A A A
TEHERAN - Hampir sebulan telah berlalu sejak Iran berjanji untuk "menghukum" Israel atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Haniyeh terbunuh pada tanggal 31 Juli saat berkunjung ke ibu kota Iran, tempat ia melakukan perjalanan untuk menghadiri pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian. Kematiannya, diikuti oleh janji Iran untuk membalas dendam, memicu gelombang spekulasi dan laporan media yang menunjukkan bahwa serangan Iran terhadap Israel akan segera terjadi. Namun, tidak ada serangan seperti itu yang terwujud.

Minggu lalu, juru bicara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan bahwa pembalasan terhadap Israel bisa memakan waktu "lama" untuk dilakukan, sehingga menambah ambiguitas lebih lanjut pada situasi tersebut.

Pada bulan April, Iran menanggapi dugaan serangan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus, yang menewaskan dua komandan militer senior Iran dan lainnya, dalam waktu kurang dari dua minggu. Penundaan yang diperpanjang kali ini telah menimbulkan pertanyaan tentang strategi Teheran saat ini.

Analis menunjukkan beberapa faktor yang dapat menjelaskan keraguan Iran. Yang paling utama adalah ketakutan akan tanggapan Israel yang kuat yang dapat menyebabkan rasa malu lebih lanjut bagi Iran dan berpotensi meningkat menjadi konflik yang lebih luas yang melibatkan Amerika Serikat. Kepemimpinan Iran, yang memprioritaskan mempertahankan cengkeramannya pada kekuasaan di atas segalanya, kemungkinan waspada untuk memicu situasi yang dapat melemahkan kendalinya.

5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

1. Perang Besar Akan Menghancurkan Rezim Khamenei

5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

Foto/AP

"Banyak orang di Iran, termasuk tokoh-tokoh terkemuka di kelas politik negara itu, memperingatkan para pemimpin tentang konsekuensi perang habis-habisan yang dapat benar-benar menghancurkan negara dan mematikan rezim," kata Arash Azizi, peneliti tamu di Pusat Studi Masa Depan Jangka Panjang Frederick S. Pardee Universitas Boston, kepada Al Arabiya English.

2. Takut dengan Banyaknya Aset Militer AS di Timur Tengah

5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

Foto/AP

Penempatan aset militer AS tambahan baru-baru ini di dekat Iran juga tampaknya telah menghalangi Teheran. Menurut Pentagon, peningkatan kehadiran AS ini telah "masuk ke dalam pikiran" para pemimpin Iran.

Iran sebelumnya telah menunjukkan penolakan yang kuat untuk berperang dengan AS. Contoh utama dari hal ini adalah akibat pembunuhan kepala Pasukan Quds Iran Qassem Soleimani oleh AS pada tahun 2020. Terlepas dari signifikansi Soleimani, respons Iran terukur, yang bertujuan untuk menghindari perang habis-habisan dengan AS.

3. Gencatan Senjata di Gaza

Pertimbangan lain adalah upaya yang sedang berlangsung untuk menegosiasikan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Gaza. Iran kemungkinan besar tidak ingin mengambil tindakan apa pun yang dapat disalahkan karena menggagalkan pembicaraan ini, karena Iran ingin menghindari dianggap sebagai pengganggu di masyarakat internasional.


4. Pemilu Presiden AS

5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

Foto/AP

Iran juga sangat menyadari pemilihan presiden AS yang akan datang pada bulan November. Rezim Iran sangat berhati-hati untuk tidak mengambil langkah apa pun yang dapat meningkatkan peluang mantan Presiden Donald Trump, yang pemerintahannya mengambil sikap yang jauh lebih agresif terhadap Iran dibandingkan dengan Joe Biden.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0751 seconds (0.1#10.140)