Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Senin, 02 September 2024 - 14:10 WIB
loading...
Mampukah Ukraina Bertahan...
Ukraina memiliki ambisi untuk menang melawan Rusia pada 2025. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ukraina memiliki tujuan militer yang ambisius untuk tahun ini. Mereka ingin bertahan, tapi menjemput kemenangan pada 2025.

Ini adalah tahun ketiga perang skala penuh negara itu dengan Rusia dan satu dekade sejak Moskow mencaplok Krimea dan memicu konflik di Ukraina timur. Setelah putus asa karena serangan awal, diikuti oleh harapan yang membumbung tinggi untuk pembalikan yang cepat, fakta-fakta di garis depan sekarang menunjukkan tahun stagnasi.

Tentara Ukraina kelelahan dan militernya kekurangan amunisi artileri dan roket pertahanan udara, sementara senjata seperti jet tempur F-16 dan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) MGM-140 buatan AS belum tiba dalam jumlah yang signifikan.

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

1. Tahun 2024 Menjadi Tahun Pemulihan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Tahun ini akan menjadi tahun "pemulihan dan persiapan di kedua belah pihak, seperti tahun 1916 dan 1941-42 dalam perang dunia terakhir," kata Marc Thys, yang pensiun sebagai wakil kepala pertahanan Belgia tahun lalu dengan pangkat letnan jenderal.

Untuk menilai prospek tahun mendatang, POLITICO meminta analis, perwira yang masih bertugas, dan pakar militer untuk memberikan pandangan mereka tentang jalannya perang.

Tidak seorang pun dapat memberikan peta jalan yang tepat untuk tahun 2024, tetapi semua sepakat bahwa tiga hal mendasar akan menentukan lintasan bulan-bulan mendatang. Pertama, musim semi ini adalah tentang mengelola ekspektasi karena Ukraina tidak akan memiliki perlengkapan atau personel untuk melancarkan serangan balasan yang signifikan; kedua, Rusia, dengan bantuan sekutunya, telah mengamankan keunggulan artileri dan, bersama dengan serangan darat yang tiada henti, menggempur posisi Ukraina; dan ketiga, tanpa pertahanan udara Barat dan rudal jarak jauh serta peluru artileri, Kyiv akan berjuang untuk membangun pertahanan yang kredibel dan berkelanjutan.

"Tahun ini akan sulit, tidak seorang pun dapat memprediksi dari arah mana Rusia akan bergerak atau apakah kita akan maju tahun ini," kata Taras Chmut, seorang analis militer Ukraina dan sersan di Cadangan Korps Marinir Angkatan Laut.

Namun, jelas bahwa Ukraina sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan.

2. Fokus pada Pertahanan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Setelah berminggu-minggu pertempuran berdarah, Rusia akhirnya merebut kota benteng Avdiivka bulan ini. Tanpa jeda, militernya melanjutkan serangan ke titik kuat dan pusat logistik Ukraina lainnya: Robotyne di wilayah Zaporizhzia, Kupiansk di Kharkiv, dan Chasiv Yar di wilayah Donetsk.

"Faktor kritisnya adalah kemampuan Ukraina untuk membangun posisi pertahanan yang menguntungkan," kata seorang perwira Jerman yang memantau konflik tersebut kepada POLITICO dengan syarat anonim.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)