Elon Musk: AS Berada di Jalur Cepat Menuju Kebangkrutan

Senin, 02 September 2024 - 08:35 WIB
loading...
Elon Musk: AS Berada...
Elon Musk, miliarder yang juga CEO Tesla dan Space-X, memperingatkan bahwa AS berada di jalur cepat menuju kebangkrutan. Foto/New Scientist
A A A
WASHINGTON - Miliarder yang juga CEO Tesla dan Space-X Elon Musk telah memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) bergerak cepat menuju kebangkrutan karena pemerintah menghabiskan terlalu banyak uang.

Musk membagikan sebuah unggahan seorang pengguna X yang mengutip sebuah prakiraan dari anggaran pemerintah AS untuk tahun fiskal 2025 yang mengatakan bahwa defisit anggaran dapat meningkat dari USD1,8 miliar saat ini menjadi hampir USD16,3 miliar pada tahun 2035.

"Dengan tingkat pengeluaran pemerintah saat ini, Amerika berada di jalur cepat menuju kebangkrutan," tulis Musk, seperti dikutip dari Russia Today, Senin (2/9/2024).



Miliarder teknologi itu juga menyatakan bahwa pengeluaran pemerintah yang berlebihan adalah penyebab inflasi di negara tersebut.

Tingkat inflasi tahunan AS turun di bawah 3% pada bulan Juli untuk pertama kalinya sejak 2021, menurut laporan Departemen Tenaga Kerja, yang dikeluarkan dua minggu lalu.

Harga barang dan jasa naik sebesar 2,9%, sementara inflasi inti, yang tidak termasuk industri makanan dan energi, naik sebesar 3,2% selama 12 bulan sebelumnya.

Pada akhir Juli, Departemen Keuangan AS mengumumkan bahwa utang nasional negara tersebut melampaui USD35 triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah, meningkat satu triliun sejak Januari.

Congressional Budget Office (CBO) memperkirakan bahwa pada tahun 2034 utang akan melebihi USD50 triliun, yang berarti lebih dari 122% PDB Amerika.

CBO juga mengatakan bahwa mereka memperkirakan tingkat pertumbuhan PDB tahunan rata-rata negara tersebut akan berada di sekitar 1,8% dari tahun 2029 hingga 2034.

Pada bulan Juni, lembaga think tank Committee for a Responsible Federal Budget (CRFB) mengeklaim bahwa utang nasional tumbuh sebesar USD4,3 miliar di bawah Presiden AS Joe Biden, dibandingkan dengan USD8,4 miliar selama masa jabatan Presiden Donald Trump.

Pada bulan Agustus, Trump memberikan wawancara panjang kepada Musk di X. Tak lama setelah itu, kandidat presiden dari Partai Republik tersebut mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan miliarder teknologi tersebut, yang dia gambarkan sebagai "orang yang brilian", untuk peran dalam pemerintahannya jika dia memenangkan pemilihan presiden pada bulan November.

Musk membalas tawaran tersebut dalam sebuah posting, dengan menekankan bahwa dia bersedia untuk mengabdi.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)