5 Dilema Penundaan Serangan Iran ke Israel, Salah Satunya Ancaman Kehancuran Rezim Khamenei

Senin, 02 September 2024 - 09:40 WIB
loading...
A A A
“Perang dengan Israel akan menyeret AS ke dalam konflik yang lebih besar, yang dapat merusak peluang Kamala Harris dalam pemilihan November. Republik Islam akan melakukan apa pun untuk menghentikan Trump agar tidak terpilih lagi,” kata Saeid Golkar, seorang profesor madya Ilmu Politik di University of Tennessee di Chattanooga dan penasihat senior di United Against Nuclear Iran, kepada Al Arabiya English.

Terlepas dari pertimbangan ini, Iran mungkin pada akhirnya merasa terpaksa untuk menanggapi Israel karena sangat malu karena sekutunya dibunuh di wilayahnya sendiri, meskipun hanya dengan tindakan simbolis yang mirip dengan serangannya pada bulan April.

Respons ini mungkin tidak harus melibatkan serangan rudal dan pesawat nirawak secara langsung seperti yang terjadi pada bulan April, tetapi dapat diukur dan diramalkan sebelumnya untuk meminimalkan kerusakan, sehingga dapat menghindari eskalasi lebih lanjut.

5. Menyerang AS Tanpa Menimbulkan Dampak Besar

Dilema inti bagi Teheran adalah bagaimana menyusun respons yang menghalangi agresi Israel lebih lanjut tanpa meningkat menjadi perang besar-besaran – sesuatu yang sangat ingin dihindari Iran. Para pemimpin di Teheran berjalan di atas tali, mencoba menyeimbangkan harapan para pendukungnya akan respons dengan kebutuhan untuk menghindari konflik yang dapat lepas kendali.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)