Arab Saudi dan AS Garap Perjanjian Bersejarah, Termasuk Normalisasi dengan Israel

Selasa, 27 Agustus 2024 - 09:35 WIB
loading...
Arab Saudi dan AS Garap...
Arab Saudi dan Amerika Serikat sedang menggarap serangkaian perjanjian bersejarah, termasuk normalisasi hubungan Arab Saudi dan Israel. Foto/SPA
A A A
RIYADH - Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS) tengah bekerja sama erat dalam mewujudkan serangkaian "perjanjian bersejarah".

Itu mencakup memperkuat kemitraan strategis dan perjanjian militer AS-Saudi, memperkuat hubungan ekonomi, dan menormalisasi hubungan antara Kerajaan Arab Saudi dan Israel yang mengarah pada jalur yang kredibel bagi pendirian negara Palestina yang merdeka.

Upaya Riyadh dan Washington itu diungkap Duta Besar (Dubes) Amerika untuk Saudi, Michael Ratney, dalam sebuah wawancara dengan Asharq Al-Awsat, yang dilansir Selasa (27/8/2024).

“Meskipun kami hampir mencapai kesepakatan dan sangat dekat dengan elemen-elemen yang sangat penting dari perjanjian ini, penting bagi kami untuk menuntaskan semuanya bersama-sama, dan dengan itu kami akan memiliki perjanjian bersejarah antara AS dan Saudi,” kata Ratney.



Meskipun Ratney tidak menyebutkan kerangka waktu tertentu untuk menyelesaikan paket perjanjian, dia mengatakan untuk Washington dan Riyadh, "kami berharap dapat melakukannya besok."

"Kami berada di kawasan yang rumit dan ada banyak kerumitan dalam perjanjian itu sendiri, tetapi kami akan melakukannya secepat mungkin," kata Dubes Ratney.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan telah mengadakan serangkaian pertemuan pada bulan Mei dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mengenai draf kesepakatan yang hampir "difinalisasi" antara Washington dan Riyadh, menurut laporan Saudi Press Agency saat itu.

Hubungan Pertahanan AS-Saudi Membaik


Awal bulan ini, AS menegaskan kembali keputusannya untuk melanjutkan penjualan senjata ofensif ke Arab Saudi sebagai hasil dari hubungan yang membaik terutama dengan upaya diplomatik Saudi untuk mencegah perang di Yaman dan mempertahankan gencatan senjata.

Al Arabiya English sebelumnya melaporkan tentang langkah untuk melanjutkan penjualan senjata ke Arab Saudi, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

"Arab Saudi tetap menjadi mitra keamanan penting bagi Amerika Serikat, khususnya di saat ketidakstabilan regional sedang tinggi,” kata seorang pejabat senior pemerintahan dalam sebuah pernyataan kepada Al Arabiya English.

Perubahan kebijakan AS terjadi saat Washington dan Riyadh berupaya memperluas kemitraan strategis mereka sebagai refleksi dari perubahan keadaan di kawasan tersebut.

“Arab Saudi telah berinvestasi besar dalam upaya diplomatik untuk menghentikan perang di Yaman dan menjaga ketenangan serta mengurangi kerugian warga sipil jika terjadi konflik militer lagi,” kata Ratney.

“Keadaan telah berubah; kemitraan telah tumbuh dan dengan itu tentu saja terjadi perubahan dalam pendekatan kami sendiri.”

Dubes Amerika itu juga menyoroti komitmen Washington terhadap keamanan di Arab Saudi dan Timur Tengah karena ancaman perang Israel-Hamas yang meluas menjadi konflik regional yang lebih luas muncul dengan peningkatan tajam dalam serangan Houthi sejak perang dimulai pada Oktober tahun lalu.



Dia mengatakan AS berkomitmen untuk menjaga kehadiran Angkatan Laut dan militernya di Teluk Aden dan Laut Merah untuk mencegah serangan Houthi.

“Kami melakukan ini karena kebebasan navigasi di bagian dunia ini sangat penting dan komitmen kami terhadap keamanan Arab Saudi dan seluruh wilayah ini sangat penting,” kata Ratney.

Tujuan Akhir AS dan Arab Saudi Sama


Menurut Ratney, AS dan Arab Saudi memiliki tujuan akhir yang sama untuk menciptakan solusi dua negara yang memungkinkan negara Palestina merdeka di samping negara Israel.

“Kami pada dasarnya percaya bahwa negara Palestina harus terwujud melalui proses politik, melalui negosiasi antara para pihak, bukan melalui cara lain apa pun," katanya.

“Sementara itu, prioritas utama adalah menghentikan kekerasan di Gaza, menghentikan kesengsaraan rakyat Gaza, melanjutkan upaya kami menuju gencatan senjata, membebaskan sandera Israel, dan mengakhiri konflik ini untuk menemukan cara memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di Gaza,” imbuh dia.

Hubungan Ekonomi AS-Saudi


Transformasi ekonomi Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan peluang unik bagi bisnis AS untuk berinvestasi di Kerajaan tersebut guna memperkuat hubungan ekonomi.

“Kami sekarang bekerja sama dengan pemerintah Saudi dan perusahaan-perusahaan Saudi di bidang-bidang yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya, misalnya, eksplorasi ruang angkasa untuk tujuan komersial,” kata Ratney.

“Kerajaan tersebut memiliki ambisi besar di bidang komersial, dan kami sebagai perusahaan ingin berada di sana bersama mereka," ujarnya.

Kemitraan ekonomi antara AS dan Arab Saudi—yang dimulai melalui minyak—sekarang tidak hanya berfokus pada bahan bakar fosil, menurut Ratney, yang menyoroti investasi besar kerajaan tersebut di berbagai sektor non-minyak.

“Bersama dengan perawatan kesehatan, infrastruktur, teknologi canggih, dan kecerdasan buatan, ada peluang luar biasa seiring pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi Saudi, dan perusahaan-perusahaan AS baru yang didatangkan," paparnya.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)