Terlalu Sibuk dengan Perang Ukraina dan Gaza, Berikut 4 Alasan Kebangkitan ISIS

Senin, 26 Agustus 2024 - 20:10 WIB
loading...
Terlalu Sibuk dengan...
ISIS sudah menebar teror ke Eropa dan akan segera bangkit. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Kelompok teror ISIS , yang namanya pernah menimbulkan ketakutan di seluruh wilayah Timur Tengah dan sekitarnya, berusaha mendapatkan kembali reputasinya. ISIS mendorong kampanye baru yang katanya difokuskan pada pembunuhan musuh-musuh kelompok tersebut di mana pun mereka dapat ditemukan.

Yang terbaru, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Jerman. Sebelumnya, ISIS juga melakukan berbagai teror mulai dari Iran, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan dan Timur.

Namun, dunia masih terjebak dengan Perang Gaza dan Ukraina yang belum selesai. Saat ini menjadi momen bagi ISIS untuk kembali bangkit dan menebarkan terornya.

Terlalu Sibuk dengan Perang Ukraina dan Gaza, Berikut 4 Alasan Kebangkitan ISIS

1. Seruan Kebangkitan ISIS Sudah Dimulai

Terlalu Sibuk dengan Perang Ukraina dan Gaza, Berikut 4 Alasan Kebangkitan ISIS

Foto/AP

"ISIS menyerukan kepada para prajuritnya dan umat Muslim yang bersemangat untuk memperbarui aktivitas mereka," kata juru bicara kelompok itu dalam sebuah pidato yang dirilis bersama dengan klaim awal tanggung jawab, menurut terjemahan oleh JihadoScope, sebuah perusahaan yang memantau aktivitas teroris di media sosial.

"Menyerang rumah mereka, membunuh mereka, dan menyakiti mereka dengan segala cara yang mungkin," tambah juru bicara itu.

Tetapi apakah pengumuman kampanye ini merupakan awal dari kebangkitan yang sesungguhnya tergantung pada siapa yang Anda tanya.

"Ini bukan pertama kalinya mereka melakukan hal seperti itu," kata salah seorang pendiri JihadoScope, Raphael Gluck, kepada VOA.

“Mereka [ISIS] mengikat sesuatu di bawah satu bendera … Biasanya argumennya adalah semakin banyak mereka mendeklarasikan dengan nama yang sama, semakin bagus tampilannya,” katanya. “Saya pikir mereka mengada-ada.”

2. AS Sudah Tahu Aktivitas ISIS Meningkat Tajam

Terlalu Sibuk dengan Perang Ukraina dan Gaza, Berikut 4 Alasan Kebangkitan ISIS

Foto/AP

Namun, pihak lain, termasuk sekutu utama AS, khawatir ada hal lain yang terjadi.

“Aktivitas ISIS meningkat,” kata perwakilan AS untuk sayap politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS kepada VOA, menggunakan akronim untuk kelompok teror tersebut, yang juga dikenal sebagai IS atau Daesh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)