Klaim Bertanggung Jawab atas Penikaman di Jerman, Akankah ISIS Kembali Bangkit?

Minggu, 25 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Klaim Bertanggung Jawab...
ISIS mengklaim bertanggungjawab atas penikaman di Jerman. Foto/AP
A A A
BERLIN - ISIS mengaku bertanggung jawab pada Sabtu (25/8/2024) atas serangan pisau di kota Solingen, Jerman barat, yang menewaskan tiga orang.

Kelompok militan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun Telegramnya bahwa serangan itu dilakukan oleh salah satu anggotanya "sebagai balas dendam bagi umat Muslim di Palestina dan di mana pun."

ISIS tidak segera memberikan bukti apa pun untuk pernyataannya dan tidak jelas seberapa dekat hubungan antara penyerang dan ISIS.

Serangan hari Jumat, di mana seorang pria menewaskan tiga orang dan melukai delapan lainnya, terjadi di Fronhof, sebuah alun-alun pasar di Solingen tempat band-band bermain sebagai bagian dari festival yang menandai ulang tahun kota ke-650.



Melansir BBC, polisi Jerman telah menangkap seorang pria yang diduga membunuh tiga orang dan melukai delapan lainnya dalam serangan penusukan pada hari Jumat di kota Solingen, Jerman barat, kata seorang menteri daerah.

"Pria yang benar-benar kami cari sepanjang hari baru saja ditahan," kata Herbert Reul, menteri dalam negeri negara bagian Rhine-Westfalen Utara, kepada TV publik ARD pada Sabtu malam.

Ia tidak memberikan keterangan lebih lanjut, tetapi situs berita Bild dan Spiegel Jerman melaporkan bahwa tersangka, dengan pakaian kotor berlumuran darah, telah menyerahkan diri. Dua pria, berusia 56 dan 67 tahun, dan seorang wanita berusia 56 tahun ditikam hingga tewas selama festival, yang oleh Kanselir Olaf Scholz digambarkan sebagai "tindakan mengerikan".

Seorang juru bicara kementerian dalam negeri negara bagian mengonfirmasi bahwa pria tersebut telah menyerahkan diri. Ini adalah penangkapan ketiga pada hari Sabtu, setelah serangan penusukan yang menggemparkan Jerman.

Sebelumnya polisi mengatakan seorang pria ditahan di sebuah pusat pengungsian yang dekat dengan lokasi serangan. Bild melaporkan bahwa petugas satuan tugas khusus (SEK) menyerbu pusat pengungsian tersebut, menangkap seorang tersangka.

Dikatakan bahwa bangunan tersebut terletak sekitar 300m (984 kaki) dari Fronhof - alun-alun pasar pusat Solingen tempat orang-orang ditikam pada Jumat malam.

Penangkapan itu terjadi beberapa jam setelah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun ditahan. Para pejabat mengatakan dia bukan tersangka utama - tetapi diduga mengetahui tentang serangan itu.

Sebelumnya, Solingen - kota yang terkenal dengan industri bajanya - memiliki sekitar 160.000 penduduk. Letaknya sekitar 25 km (15 mil) di sebelah timur Dusseldorf. Pemerintah kota meminta warga untuk meninggalkan area Fronhof setelah serangan pada sekitar pukul 22:00 waktu setempat (21:00 BST) pada hari Jumat.

Perayaan tiga hari yang direncanakan untuk memperingati hari jadi kota tersebut - yang diperkirakan dihadiri sekitar 75.000 orang - dibatalkan setelah serangan tersebut. Wali Kota Solingen Tim Kurzbach kemudian mengatakan bahwa "kami semua di Solingen terkejut, ngeri, dan sangat sedih.

"Hati saya hancur karena serangan telah terjadi di kota kami. Saya meneteskan air mata ketika memikirkan mereka yang telah meninggal. "Saya berdoa untuk semua orang yang masih berjuang untuk hidup mereka. Saya juga bersimpati sebesar-besarnya kepada semua orang yang harus mengalami ini, gambar-gambar ini pasti mengerikan."

Pintu masuk ke Fronhof sekarang dijaga oleh polisi. Orang-orang telah membawa bunga dan lilin ke lokasi serangan yang menggemparkan seluruh negeri. Pemain dari liga sepak bola Bundesliga teratas Jerman mengenakan ban lengan hitam selama pertandingan hari Sabtu.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)