Agama Warga Negara Yordania dan Persentasenya

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:45 WIB
loading...
Agama Warga Negara Yordania...
Warga Yordania melambaikan bendera nasional di pinggir jalan di Amman. Foto/AP
A A A
AMMAN - Yordania merupakan salah satu negara di Asia Barat. Penduduknya menganut berbagai agama atau kepercayaan berbeda, namun mayoritas adalah pemeluk Islam.

Pada penyebutannya, Yordania juga masuk dalam daftar negara Timur Tengah. Wilayahnya berbatasan dengan Suriah di utara, Irak di timur hingga Arab Saudi di selatan.

Saat ini, populasi Yordania diperkirakan mencapai lebih dari 11,5 juta jiwa. Secara keseluruhan, penduduknya menganut beberapa agama yang berbeda. Berikut ini persentasenya.

Agama Warga Negara Yordania

1. Islam


Sebagaimana negara Timur Tengah lain, Yordania memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Menurut laporan U.S. Department of State, angkanya mencapai 97,1% dari total populasi.

Melihat alirannya, Islam Sunni menjadi yang paling dominan di Yordania. Sementara itu, sisanya ada sejumlah kecil pemeluk Syiah hingga Ahmadi.

Namun, umumnya para pemeluk Syiah di Yordania merupakan pendatang atau pengungsi dari negara tetangga seperti Irak dan Lebanon.

2. Kristen


Kristen memiliki penganut terbesar kedua di Yordania. Jumlahnya diperkirakan mencapai 2,1% dari keseluruhan populasi.

Angka tersebut dikatakan telah menurun sejak beberapa dekade terakhir. Kendati begitu, Yordania tetap menjadi salah satu rumah bagi komunitas Kristen tertua di dunia.

Aliran pemeluk Kristen di Yordania juga cukup beragam. Sebut saja dari Ortodoks Yunani, Katolik Roma hingga denominasi Protestan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)