Mengenal Khalil al-Maqdah, Komandan Senior Fatah yang Dihabisi Israel

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 12:50 WIB
loading...
A A A
Mereka juga memainkan peran utama dalam upaya untuk mendekatkan kedua gerakan Palestina yang bersaing itu, baik di Lebanon maupun di luar negeri.

Israel mengatakan bahwa kedua bersaudara itu terlibat dalam dukungan finansial dan logistik bagi para pejuang Palestina di Tepi Barat.

Munir, yang mengepalai Brigade Syuhada Al-Aqsa di Lebanon, dituduh oleh Israel pada bulan Maret mengatur pergerakan senjata dari Iran ke Tepi Barat yang diduduki, dengan Israel mengeklaim telah menyita beberapa senjata modern ini.

Lamis Andoni, seorang jurnalis, penulis, dan akademisi Palestina yang memimpin peluncuran The New Arab (TNA) sebagai pemimpin redaksi, mengatakan kepada TNA bahwa pembunuhan Khalil menjadi "pesan bagi Fatah dan faksi-faksi lain di Lebanon", memperingatkan mereka agar tidak bekerja sama dengan Hizbullah—seperti yang dilakukan kelompok-kelompok Palestina lainnya, dengan melancarkan serangan ke Israel utara dari tanah Lebanon.

Andoni menambahkan bahwa pembunuhan terbaru tersebut menjadi pesan bagi kelompok-kelompok Palestina bahwa di mata Israel, semua kelompok Palestina dipandang dengan sudut pandang yang sama dalam kampanye agresi yang tidak pandang bulu.

Tak lama setelah pengumuman kematian saudaranya, Mounir mengatakan dalam sebuah wawancara di televisi: "Pembunuhan membuat kita lebih kuat dan kematiannya [Khalil] merupakan jalan menuju pembebasan al-Aqsa dan kemartiran ini merupakan lambang kehormatan bagi semua poros perlawanan dan setelah sepuluh bulan perlawanan masih kokoh di lapangan."

“Insya Allah, semoga darah para syuhada menjadi pedang di leher pemerintah penjajah dan para pemukim ilegal ini hingga tuntas dari seluruh Palestina,” imbuhnya, yang dilansir TNA, Jumat (23/8/2024).
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)