Menteri Prancis Dukung Pemberian Suaka pada Snowden

Senin, 16 September 2019 - 22:52 WIB
Menteri Prancis Dukung Pemberian Suaka pada Snowden
Menteri Prancis Dukung Pemberian Suaka pada Snowden
A A A
PARIS - Menteri Kehakiman Prancis, Nicole Belloubet mengaku mendukung Paris untuk memberikan suaka kepada mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat (AS), Edward Snowden. Belloubet menjadi pejabat Prancis pertama yang buka suara terkait hal ini.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan media Prancis, Le Grand Jury, Belloubet mengutip konstitusi Perancis, yang memberikan status pengungsi kepada siapa pun yang dianiaya karena tindakannya untuk mendukung kebebasan.

"Saya percaya bahwa kita harus tetap setia pada prinsip-prinsip kuat kita tentang imigrasi, kita harus menerima pencari suaka," ucapnya dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Seni (16/9).

Pemerintah Prancis dalam sebuah pernyataan kemudian menuturkan bahwa apa yang disampaikan oleh Belloubet adalah pendapat pribadinya dan bukan sikap resmi Paris.

Sebelumnya diwartakan, Snowden baru-baru ini mengungkapkan bahwa ia ingin mendapatkan suaka di Prancis.

Memperhatikan bahwa ia sempat mengajukan permohonan suaka ke Prancis pada tahun 2013, selama masa pemerintahan Francois Hollande, Snowden berharap Presiden Emmanuel Macron akan menyetujui permintaannya. Hal itu diungkapkannya kepada radio Inter Prancis.

"Hal yang paling menyedihkan dari keseluruhan cerita ini adalah bahwa satu-satunya tempat dimana pelapor Amerika memiliki kesempatan untuk didengar bukan di Eropa tetapi di sini (di Rusia)," kata Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4835 seconds (0.1#10.140)