alexametrics

Jet Tempur Su-57 dan Su-35 Rusia Muncul di Turki

loading...
Jet Tempur Su-57 dan Su-35 Rusia Muncul di Turki
Pesawat jet tempur siluman generasi kelima Rusia, Su-57. Foto/TASS/Sergei Bobylev
A+ A-
ISTANBUL - Pesawat jet tempur Su-57 dan Su-35 Rusia mendarat di Turki ketika Moskow sedang melakukan penjajakan untuk menjual kedua jenis pesawat itu kepada Ankara.

United Aircraft Corporation (UAC) Rusia mengatakan kedua jenis jet tempur Moskow itu diterbangkan ke Turki untuk ditampilkan di festival teknologi, Technofest 2019, yang akan diadakan di Istanbul pada 17 hingga 22 September.

"Jet tempur multifungsi Sukhoi Su-35 telah tiba di bandara Ataturk Turki untuk mengambil bagian dalam pameran Technofest," kata perusahaan tersebut melalui juru bicaranya kepada kantor berita TASS.



Menurut sumber industri pesawat Rusia, pesawat MC-21, SSJ-100 dan pesawat amfibi Be-200 juga akan ambil bagian dalam pameran.

Jet tempur Su-35 dan Su-57 menjadi produk militer andalan Presiden Rusia Vladimir Putin yang ditawarkan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai alternatif pengganti jet tempur F-35 Amerika Serikat (AS).

Washington telah menghentikan pengiriman F-35 pesanan Ankara setelah Erdogan nekat membeli sistem pertahanan rudal S-400 Moskow. Tak hanya itu, Washington juga mengeluarkan Ankara dari program konsorsium bersama F-35.

Su-35 adalah jet tempur multifungsi generasi 4++. Pesawat ini dapat ditingkatkan mutunya yang dikembangkan berdasarkan teknologi generasi kelima. Su-35 dilengkapi oleh serangkaian rangkaian sistem avionik baru dan mesin pengapian plasma. Mesin tersebut memenuhi persyaratan untuk pembangkit tenaga jet tempur generasi kelima karena memungkinkan pengembangan kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner.

Jet tempur Su-35 melakukan penerbangan debutnya pada 19 Februari 2008. Jet tempur ini merupakan turunan dari pesawat Su-27. Su-35 berbobot 19 ton dan dapat melesat dengan kecepatan maksimum 2.500 km/jam serta memiliki kursi tunggal pilot. Pesawat mampu memuat senjata hingga 8 ton termasuk berbagai misil dan bom pada 12 titik bawah sayap.

Sedangkan Su-57 diklaim sebagai jet tempur tercanggih Rusia pada saat ini. Pesaing pesawat ini adalah F-22 Raptor dan F-35 Lightning II yang sama-sama tergolong sebagai jet tempur siluman generasi kelima. Su-57 pernah diuji tempur dalam perang Suriah.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak