Turki Bisa Beli Jet Tempur Su-35 dan Su-57 Rusia Jika AS Tak Jadi Jual F-16

Senin, 18 Oktober 2021 - 16:10 WIB
loading...
Turki Bisa Beli Jet Tempur Su-35 dan Su-57 Rusia Jika AS Tak Jadi Jual F-16
Jet tempur Su-57 buatan Rusia bermanuver di udara. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Turki dapat membeli jet tempur Su-35 dan Su-57 buatan Rusia jika Amerika Serikat (AS) membekukan penjualan jet tempur F-16. Pernyataan itu diungkapkan Kepala Industri Pertahanan Kepresidenan Turki Ismail Demir pada Senin (18/10/2021).

“Jika proses (pembelian dan upgrade F-16) tidak membawa hasil, maka Turki tidak akan dibiarkan tanpa alternatif. Jika perlu, topik Su-35 dan Su-57 dapat dibuka kapan saja. Industri kami akan melakukan segalanya untuk memastikan keamanan kami, dan jika diperlukan sesuatu yang ekstra, maka kami selalu dapat menemukan jalan keluar," papar Demir di siaran Kanal 7.

Pernyataan itu dibuat setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu mengatakan Washington mengundang Ankara untuk membeli jet tempur F-16 sebagai imbalan atas investasinya dalam program F-35.

Baca juga: Biden dan Ibu Negara AS Tertangkap Basah Tanpa Masker di Restoran Italia

Pekan lalu, kantor Kepresidenan Turki mengatakan Ankara akan mempertimbangkan menambahkan lebih banyak F-16 ke armada udaranya sebagai pengganti F-35 yang lebih canggih setelah Turki dikeluarkan dari program jet tempur itu.

Baca juga: Ledakan dan Kebakaran Hancurkan Kilang Minyak Mina al-Ahmadi di Kuwait



Konflik antara AS dan Turki, yang mengakibatkan dikeluarkannya Ankara dari proyek tersebut, dimulai setelah pemerintah Turki memutuskan membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Baca juga: Kejamnya Pemukim Israel, Gantung dan Siksa Remaja Palestina dengan Api

Sebagai tanggapan, Washington membatalkan penjualan jet F-35 ke Turki atas klaim bahwa Ankara dapat membocorkan rahasia militer AS dan Barat ke Rusia.
(sya)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1305 seconds (10.55#12.26)