Mantan Pejabat Saudi Tuding Mohammed Bin Salman Palsukan Tanda Tangan Raja Salman pada Dekrit Perang Yaman

Senin, 19 Agustus 2024 - 17:15 WIB
loading...
Mantan Pejabat Saudi...
Mohammed Bin Salman dituding memasukkan tanda tangan Raja Salman untuk dekrit perang Yaman. Foto/AP
A A A
RIYADH - Seorang mantan pejabat Saudi menuduh dalam sebuah laporan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memalsukan tanda tangan ayahnya pada dekrit kerajaan yang memulai perang yang telah berlangsung bertahun-tahun dan menemui jalan buntu melawan pemberontak Houthi di Yaman.

Arab Saudi tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan yang dibuat tanpa bukti pendukung oleh Saad al-Jabri dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Senin oleh BBC, meskipun kerajaan tersebut telah menggambarkannya sebagai "mantan pejabat pemerintah yang didiskreditkan."

Al-Jabri, mantan pejabat intelijen Saudi yang tinggal di pengasingan di Kanada, telah berselisih selama bertahun-tahun dengan kerajaan tersebut karena kedua anaknya telah dipenjara jika ia menggambarkannya sebagai upaya untuk membujuknya kembali ke Arab Saudi.

Tuduhan itu muncul saat Pangeran Mohammed sekarang menjabat sebagai pemimpin de facto Arab Saudi, sering bertemu dengan para pemimpin menggantikan ayahnya, Raja Salman yang berusia 88 tahun. Perilaku tegasnya, terutama pada awal kenaikannya ke tampuk kekuasaan sekitar awal perang Yaman pada tahun 2015, meluas hingga tindakan keras yang lebih luas terhadap setiap perbedaan pendapat atau basis kekuatan yang dianggap dapat menantang kekuasaannya.

Dalam pernyataan al-Jabri kepada BBC, ia mengatakan seorang pejabat "yang kredibel dan dapat diandalkan" yang terkait dengan Kementerian Dalam Negeri Saudi mengonfirmasi kepadanya bahwa Pangeran Mohammed menandatangani dekrit kerajaan yang menyatakan perang menggantikan ayahnya.

"Kami terkejut bahwa ada dekrit kerajaan yang mengizinkan intervensi darat," kata al-Jabri kepada BBC. "Dia memalsukan tanda tangan ayahnya untuk dekrit kerajaan itu. Kapasitas mental raja memburuk."

Seorang pengacara al-Jabri yang berbasis di AS tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Melansir AP, Perang Yaman melawan pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang diluncurkan dengan janji oleh sang pangeran bahwa perang itu akan segera berakhir, telah berlangsung selama hampir satu dekade. Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 150.000 orang dan menciptakan salah satu bencana kemanusiaan terburuk di dunia, menewaskan puluhan ribu orang lainnya. Pangeran Mohammed adalah menteri pertahanan saat itu.



Sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Jalur Gaza, Houthi juga telah melancarkan serangan terhadap pengiriman barang yang telah mengganggu lalu lintas melalui Laut Merah — dan menyebabkan pertempuran paling sengit yang dihadapi Angkatan Laut AS sejak Perang Dunia II.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)