India Tuding Pakistan Lakukan Lima Kebohongan Besar di DK PBB

Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:00 WIB
loading...
India Tuding Pakistan Lakukan Lima Kebohongan Besar di DK PBB
Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Misi diplomatik India di PBB mengecam Pakistan atas pernyataannya tentang Ancaman Perdamaian dan Keamanan Internasional di Dewan Keamanan (DK) PBB .India menolak pernyataan itu, menyebutnya sebagai lima kebohongan besar.

India mengatakan pernyataan Duta Besar Pakistan untuk PBB, Munir Akram, di DK PBB itu tidak benar karena sidang tidak terbuka untuk non-anggota.

“Kami telah melihat pernyataan yang dikeluarkan oleh Misi Pakistan untuk PBB, yang mengklaim bahwa pernyataan ini dibuat oleh Perwakilan Tetap Pakistan di Dewan Keamanan PBB. Kami gagal untuk memahami di mana tepatnya Perwakilan Tetap Pakistan membuat pernyataannya karena Sesi Dewan Keamanan hari ini tidak terbuka untuk non-anggota Dewan Keamanan," kata Misi Diplomatik India dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (25/8/2020).

Mengabaikan klaim Pakistan, pernyataan itu mengatakan bahwa sponsor terbesar terorisme lintas batas melawan India sekarang mencoba menyamar sebagai korban terorisme oleh India.

“Pakistan adalah rumah bagi jumlah teroris terbesar yang dilarang oleh PBB. Banyak dari teroris dan entitas yang dijatuhi sanksi terus beroperasi tanpa hukuman di Pakistan. Perdana Menteri Pakistan mengakui di Sidang Umum PBB tahun 2019, keberadaan 40.000-50.000 teroris di Pakistan,” katanya.(Baca: China Kerahkan Jet Tempur Siluman J-20 ke Dekat India Jadi Teka-teki )

Lebih lanjut, pernyataan tersebut menyatakan bahwa klaim Pakistan bahwa mereka telah menghancurkan al-Qaeda di wilayah tersebut tidak benar, dan duta besar Islamabad untuk PBB menyatakan bahwa India telah menyewa teroris untuk menyerang Pakistan adalah tidak masuk akal. Pernyataan itu juga menepis penyebutan tetangganya tentang India dalam daftar 1.267 sanksi.

Sebelumnya, pada hari Senin, Misi Pakistan untuk PBB merilis pernyataan Duta Besar Munir Akram yang menuduh India melakukan terorisme. Ia juga menuduh India menindas kelompok minoritas dan pelanggaran hak asasi manusia di Jammu dan Kashmir, yang disebut "konyol" oleh Misi India.

India dan Pakistan memiliki konflik atas Jammu dan Kashmir sejak kemerdekaan mereka dari Inggris, tetapi keadaan menjadi lebih buruk tahun lalu ketika New Delhi mencabut Pasal 370, mencabut status khusus sementara dan membaginya menjadi dua Wilayah Persatuan.

Pakistan telah mencoba mengangkat masalah ini tiga kali di Dewan Keamanan PBB sejak Agustus 2019, tetapi telah dianggap sebagai masalah bilateral oleh negara-negara anggotanya.(Baca: Pakistan: Dunia Harus Hentikan Genosida di Kashmir )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)