Seberapa Penting Timur Tengah bagi Amerika Serikat?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
AS mengirimkan lebih banyak pasukan dan perangkat keras militer ke Timur Tengah karena berupaya meningkatkan sumber daya yang tersedia untuk "mempertahankan Israel," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin "menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk mengambil setiap langkah yang mungkin untuk mempertahankan Israel dan mencatat penguatan postur dan kemampuan kekuatan militer AS di seluruh Timur Tengah mengingat meningkatnya ketegangan regional," kata pernyataan yang dikeluarkan hari Minggu oleh sekretaris pers Pentagon Mayjen Pat Ryder.

Ini termasuk mengirim kapal selam berpeluru kendali ke wilayah tersebut, serta mempercepat transit kelompok penyerang kapal induk yang dilengkapi dengan jet tempur F-35C.

Dukungan AS untuk Israel bukan hanya tentang kalkulasi strategis dan kepentingan kebijakan luar negeri, atau setidaknya tidak lagi. Untuk waktu yang lama, setidaknya sejak tahun 1980-an, hal itu juga terkait dengan politik dalam negeri dan cara politisi Amerika membaca pemilih Amerika.

Suara Kongres tentang isu-isu yang berkaitan dengan Israel terkenal tidak seimbang. Resolusi Senat yang mendukung serangan Israel baru-baru ini di Gaza disahkan dengan suara bulat, seperti yang terjadi pada banyak RUU dan resolusi "pro-Israel".

Penjelasan paling sederhana untuk suara yang tidak seimbang ini adalah bahwa mendukung Israel sangat, sangat populer di kalangan pemilih. "Satu-satunya faktor yang paling mendorong hubungan AS-Israel tampaknya adalah dukungan yang luas dan mendalam untuk Israel di antara publik Amerika," tulis direktur program Institut Israel Michael Koplow. "Kesenjangan rata-rata antara mereka yang memiliki pandangan yang mendukung dan tidak mendukung Israel selama [empat pemerintahan terakhir] adalah 31 poin."

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)