alexametrics

Trump Tawarkan Bantuan untuk Padamkan Kebakaran Amazon

loading...
Trump Tawarkan Bantuan untuk Padamkan Kebakaran Amazon
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk membantu Brazil mengatasi kebakaran hutan Amazon. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dilaporkan siap memberikan bantuan yang dibutuhkan untuk membantu Brazil mengatasi kebakaran hutan Amazon. Kesiapan itu disampaikan Trump dalam akun Twitternya.

"Kami siap membantu," kicau Trump, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (25/8). Kicauan Trump tersebut kemudian di retweet oleh Presiden Brazil, Jair Bolsonaro.

Namun, menurut Menteri Pertahanan Brazil, Fernando Azevedo, hingga saat ini belum ada pembicaraan kongkret mengenai bantuan yang akan diberikan AS untuk membantu memadamkan kebakaran di hutan hujan Amazon.



"AS tidak memberikan dukungan konkret kepada Brasil untuk memerangi kebakaran hutan, meski Presiden Donald Trump menawarkan bantuan," kata Azevedo dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, dengan didukung pesawat militer, pasukan Brazil mulai dikerahkan ke Amazon untuk memadamkan kebakaran hutan yang melanda wilayah tersebut. Kebakaran hutan yang disebut sebagai paru-paru dunia itu memicu protes anti pemerintah serta dunia internasional.

"Sekitar 44.000 tentara akan tersedia untuk operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memadamkan api, dan pasukan menuju ke enam negara bagian Brazil yang meminta bantuan federal," kata Azevedo.

Negara bagian itu adalah Roraima, Rondonia, Tocantins, Para, Acre, dan Mato Grosso. Azevedo mengatakan, misi pertama militer akan dilakukan oleh 700 tentara di sekitar Porto Velho, Ibu Kota Rondonia. Militer akan menggunakan dua pesawat Hercules C-130 yang mampu menumpahkan hingga 12.000 liter air di atas api.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak