Apa Alasan Kuat Hamas Memilih Yahya Sinwar sebagai Pengganti Haniyeh?

Kamis, 08 Agustus 2024 - 19:50 WIB
loading...
A A A
“Memilih saudara Yahya Sinwar dari jantung Jalur Gaza yang terkepung – yang hadir di garis depan bersama para pejuang perlawanan dan di antara anak-anak rakyatnya, di bawah reruntuhan, blokade, pembunuhan, dan kelaparan – menegaskan kembali bahwa tujuan yang dicari musuh dengan membunuh para pemimpin telah gagal,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

3. Menunjukkan Sinyal Pembangkangan

Apa Alasan Kuat Hamas Memilih Yahya Sinwar sebagai Pengganti Haniyeh?

Foto/EPA

Namun, meskipun Israel berjanji untuk melenyapkan Hamas, dan kampanye militer yang termasuk di antara yang paling merusak dalam sejarah modern, kelompok bersenjata Palestina tersebut terus bertahan melawan pasukan Israel di Gaza.

Sinwar juga berhasil menghindari penangkapan oleh Israel, meskipun Gallant menyatakan bahwa Sinwar hidup "dalam waktu pinjaman" setelah 7 Oktober.

"Saya pikir fokus pada Gaza, dan fokus pada Sinwar, merupakan sinyal pembangkangan yang besar," kata analis politik senior Al Jazeera Marwan Bishara.

"Dan fakta bahwa Hamas tidak akan kehilangan Gaza, bahwa Hamas akan tetap menjadi kekuatan di Gaza, dan karenanya pemimpinnya ada di sana."

4. Membawa Hamas Menuju Fase Baru

Apa Alasan Kuat Hamas Memilih Yahya Sinwar sebagai Pengganti Haniyeh?

Foto/EPA

Juru bicara resmi kelompok Yaman Mohammed Abdulsalam telah memberikan dukungan Houthi kepada pemimpin politik Hamas yang baru diangkat, Yahya Sinwar.

“Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada pemimpin Sinwar untuk melaksanakan tanggung jawab ini dalam fase bersejarah konfrontasi dengan musuh Israel ini”, katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir Al Jazeera.

Sinwar, arsitek serangan paling dahsyat terhadap Israel dalam beberapa dekade, telah bersembunyi di Gaza, menentang upaya Israel untuk membunuhnya sejak dimulainya perang.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0702 seconds (0.1#10.140)