Rakyat Bangladesh Sangat Marah kepada Sheikh Hasina, Berikut 5 Pemicunya

Senin, 05 Agustus 2024 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Protes telah berlangsung lama. Meskipun Bangladesh merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, para ahli menunjukkan bahwa pertumbuhan tersebut belum menghasilkan lapangan pekerjaan bagi lulusan universitas.

Perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 18 juta pemuda Bangladesh tengah mencari pekerjaan. Lulusan universitas menghadapi tingkat pengangguran yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang berpendidikan lebih rendah.

Bangladesh telah menjadi pusat ekspor pakaian siap pakai. Negara ini mengekspor pakaian senilai sekitar USD40 miliar ke pasar global.

Sektor ini mempekerjakan lebih dari empat juta orang, banyak di antaranya adalah perempuan. Namun, lapangan pekerjaan di pabrik tidak cukup untuk generasi muda yang bercita-cita tinggi.

3. Pembangunan Ekonomi Hanya Menguntungkan Orang Dekat Sheikh Hasina

Rakyat Bangladesh Sangat Marah kepada Sheikh Hasina, Berikut 5 Pemicunya

Foto/EPA

Di bawah pemerintahan Perdana Menteri Sheikh Hasina selama 15 tahun, Bangladesh telah mengubah dirinya dengan membangun jalan, jembatan, pabrik, dan bahkan rel kereta bawah tanah baru.

Pendapatan per kapitanya telah meningkat tiga kali lipat dalam dekade terakhir dan Bank Dunia memperkirakan bahwa lebih dari 25 juta orang telah terangkat dari kemiskinan dalam 20 tahun terakhir.

Namun banyak yang mengatakan bahwa sebagian dari pertumbuhan itu hanya membantu mereka yang dekat dengan Liga Awami pimpinan Hasina.

Luthfa berkata: “Kita menyaksikan begitu banyak korupsi. Terutama di antara mereka yang dekat dengan partai yang berkuasa. Korupsi telah berlangsung lama tanpa ada hukuman.”


4. Skandal Korupsi yang Merebak

Rakyat Bangladesh Sangat Marah kepada Sheikh Hasina, Berikut 5 Pemicunya

Foto/EPA

Media sosial di Bangladesh dalam beberapa bulan terakhir telah didominasi oleh diskusi tentang tuduhan korupsi terhadap beberapa mantan pejabat tinggi Hasina – termasuk mantan kepala militer, mantan kepala polisi, pejabat pajak senior, dan pejabat perekrutan negara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)