Bom Bunuh Diri di Mogadishu, Tewaskan Sedikitnya 32 Orang

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 17:33 WIB
loading...
Bom Bunuh Diri di Mogadishu,...
Bom meledak di Mogadishu, Somalia, menewaskan 32 orang. Foto/EPA
A A A
MOGADISHU - Setidaknya 32 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan bunuh diri di sebuah restoran pantai di ibu kota Somalia , Mogadishu, pada Jumat (3/8/2024) waktu setempat.

Enam anggota kelompok militan Somalia, al-Shabaab, menargetkan restoran di Beach View Hotel menggunakan bom bunuh diri. Demikian dilaporkan media Somalia, SONNA.

"Pasukan keamanan melumpuhkanlima penyerang yang melakukan serangan di Pantai Lido," SONNA melaporkan. Tidak jelas apakah penyerang keenam juga tewas.

Menurut SONNA, korban yang terluka dilarikan ke rumah sakit di seluruh kota. Anggota masyarakat datang dalam "jumlah yang sangat banyak" untuk mendonorkan darah menyusul seruan mendesak untuk donasi, katanya.

Al-Shabaab telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan bahwa mereka menargetkan pejabat dan perwira Somalia, menurut SITE Intelligence Group, yang melacak aktivitas daring organisasi ekstremis.

Kelompok militan itu telah mengklaim banyak serangan dan beroperasi dengan tujuan untuk menggulingkan pemerintah pusat Somalia dan menetapkan aturan berdasarkan interpretasinya yang ketat terhadap hukum Syariah.

Al-Shabaab adalah "jaringan al-Qaeda terbesar dan paling aktif secara kinetik di dunia," kata Komando Afrika AS tahun lalu. Kelompok ini ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS pada tahun 2008, dan oleh komite Dewan Keamanan PBB pada tahun 2010.



Tahun lalu, kelompok ini melancarkan serangan mematikan terhadap pangkalan militer Uni Afrika di Somalia, menewaskan sedikitnya 54 tentara Uganda, menurut pejabat Uganda.

Setelah serangan hari Jumat, Wali Kota Mogadishu, Yusuf Hussein Jimale, menyampaikan "doa agar mereka yang terluka segera pulih dan mendoakan mereka yang kehilangan nyawa," kata SONNA.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)