Olimpiade Lebih dari Sekadar Hiburan dan Permainan, tapi Bisnis Bernuansa Politis

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 16:30 WIB
loading...
Olimpiade Lebih dari...
Keita Nakajima dari Jepang melakukan tee off pada tee pertama dan tee ketiga selama putaran kedua kompetisi golf Stroke Play Individu Putra Olimpiade Paris 2024 di Le Golf National di Guyancourt, Prancis, 2 Agustus 2024. Foto/EPA-EFE/ERIK S LESSER
A A A
PARIS - Olimpiade Paris melibatkan sekitar 10.500 atlet dari 200 negara atau kawasan. Namun, Olimpiade lebih dari sekadar hiburan dan permainan.

Olimpiade adalah bisnis raksasa yang menghasilkan pendapatan miliaran dolar bagi Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Olimpiade juga merupakan perwakilan pengaruh geopolitik yang terlihat melalui klasemen perolehan medali, kehadiran para pemimpin dunia pada upacara pembukaan, dan lagu kebangsaan yang mengiringi para pemenang medali emas.

Berikut ini adalah gambaran tentang cara kerja IOC dan Olimpiade.

Ini adalah Bisnis, Bukan Badan Amal


Komite Olimpiade Internasional adalah badan nirlaba nonpemerintah yang berkantor pusat di Lausanne, Swiss.

91% pendapatannya diperoleh dari penjualan hak siar (61%) dan sponsor (30%). Pendapatan untuk siklus empat tahun terakhir Olimpiade Musim Dingin dan Musim Panas yang berakhir dengan Olimpiade Tokyo pada tahun 2021 adalah USD7,6 miliar.

IOC mengatakan mereka mengembalikan 90% pendapatannya kembali ke olahraga, meskipun atlet secara langsung hanya mendapatkan sebagian kecil.

Mungkin ada langkah yang sedang dilakukan untuk mengubahnya. IOC membuka kantor pusat baru pada tahun 2019 dengan biaya yang dilaporkan sekitar 190 juta franc Swiss, atau sekitar USD200 juta.

Negara tuan rumah menanggung sebagian besar tagihan untuk menggelar Olimpiade. Biaya untuk Olimpiade Tokyo secara resmi tercantum sebesar USD13 miliar.

Lebih dari setengahnya ditanggung oleh badan-badan pemerintah Jepang. Biaya Olimpiade sulit dilacak, tetapi audit
pemerintah Jepang menunjukkan biaya sebenarnya mungkin dua kali lipat dari yang tercantum.

Keanggotaan dan Fasilitas


IOC terdiri dari sekitar 100 anggota. Keanggotaan memilih koleganya sendiri dan yang paling lama menjabat adalah Putri Nora dari Liechtenstein.

Setidaknya setengah lusin bangsawan lainnya adalah anggota IOC. Namun, sebagian besar kekuasaan dipegang oleh Presiden Thomas Bach, seorang pengacara dari Jerman yang juga merupakan anggota dan dewan eksekutifnya.

Anggota IOC secara teknis adalah sukarelawan, meskipun semua pengeluaran Bach ditanggung oleh IOC. Laporan tahunan IOC menyebutkan bahwa jumlah ini mencapai USD370.000 pada tahun 2022.

Ini termasuk "ganti rugi" tahunan sebesar 275.000 euro, atau sekitar USD295.000. Kewajiban pajaknya sebesar USD163.000 di Swiss juga telah dibayarkan.

Anggota IOC menerima uang harian antara USD450-900 untuk menghadiri rapat dan mendapatkan perjalanan kelas satu serta penginapan bintang lima.

Sukarelawan yang Tidak Dibayar


Sukarelawan yang tidak dibayar membantu IOC dan penyelenggara lokal menjalankan Olimpiade. Mereka biasanya menerima seragam, makanan saat bekerja, dan sejumlah biaya transportasi kecil. Penginapan jarang disertakan.

Paris mencari 45.000 sukarelawan. Tokyo awalnya mencari 80.000 orang. Biasanya, hanya orang kaya yang dapat menjadi sukarelawan.

Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro kesulitan menemukan sukarelawan karena banyak orang miskin di kota itu tidak dapat bekerja secara cuma-cuma.

Beberapa orang datang pada hari pertama, mengambil seragam mereka, dan tidak kembali. Sistem sukarelawan dapat dilihat sebagai eksploitasi ekonomi.

Jika sukarelawan dibayar upah minimum USD10 per jam, biaya tambahannya bisa mencapai USD100 juta.

Beberapa sukarelawan Paris mengancam tidak akan datang untuk mengungkapkan ketidaksenangan mereka atas pengeluaran Olimpiade dan reformasi pensiun Prancis.

Olahraga dan Politik Bercampur


IOC mengatakan Olimpiade melampaui politik. Namun pada kenyataannya, Olimpiade sangat politis. Perlu dicatat bahwa IOC memiliki status pengamat di Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menunjukkan perannya yang dianggapnya sendiri di dunia.

Ilmuwan politik Jules Boykoff mencatat dalam buku terbarunya "What Are The Olympics For" bahwa para atlet berbaris dalam upacara pembukaan berdasarkan negara.

Mereka juga bisa berbaris berdasarkan cabang olahraga. Namun, hal itu akan mengecilkan unsur nasionalis, yang menjadi kunci popularitas Olimpiade.

Adolf Hitler menggunakan Olimpiade Berlin 1936 untuk mempromosikan agendanya. Estafet obor berasal dari Berlin.

Penawaran dan Apakah itu Sepadan?


IOC biasa menganugerahkan negara tuan rumah Olimpiade tujuh tahun sebelumnya. Pada tahun 2015, saat ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022, IOC hanya memiliki dua kandidat yang tidak mungkin: Beijing dan Almaty, Kazakhstan.

Ibu kota China menang dalam pemungutan suara yang ketat. Banyak negara Eropa termasuk Swedia, Jerman, dan Swiss mengundurkan diri karena biaya yang tinggi.

Sejak saat itu, IOC telah menghapus sistem penawaran lama. Pada tahun 2017, hanya ada dua penawar untuk Olimpiade Musim Panas 2024: Paris dan Los Angeles.

IOC menganugerahkan Olimpiade tersebut kepada Paris dan menganugerahkan Olimpiade 2028 kepada Los Angeles.

Pada tahun 2021, IOC menganugerahkan Brisbane, Australia, sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, 11 tahun sebelumnya, sebagian besar karena anggota IOC yang berpengaruh, John Coates.

Satu studi Olimpiade oleh Victor Matheson dan Robert Baade, dua profesor perguruan tinggi Amerika, menyimpulkan bahwa "dalam banyak kasus, Olimpiade merupakan proposisi yang merugi bagi kota tuan rumah."

Studi dalam Journal of Economic Perspectives diterbitkan pada tahun 2016 dan pejabat IOC mengatakan perubahan terbaru pada sistem penawaran akan membantu.

Argumen utama adalah Olimpiade sangat mahal dan dapat mengesampingkan prioritas seperti sekolah dan rumah sakit.
Skandal dan Korupsi

Olimpiade sering kali terlibat dalam skandal atau korupsi, mungkin karena melibatkan sejumlah besar uang publik dan tenggat waktu yang tergesa-gesa.

Olimpiade Tokyo terbaru melibatkan skandal penyuapan atas kontrak, sponsor, dan penawaran itu sendiri.

Olimpiade Rio de Janeiro 2016 kehabisan uang saat dibuka. Anggota IOC saat itu Carlos Nuzman, yang memimpin
Olimpiade, ditangkap atas tuduhan korupsi tak lama setelah Olimpiade berakhir.

Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia, ditandai oleh skandal doping yang dikelola negara dan upaya menutup-nutupi.

Korupsi dalam proses penawaran di Olimpiade Musim Dingin Salt Lake 2002 memaksa beberapa reformasi etika.

Dan penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Nagano 1998 di Jepang secara luas dilaporkan telah menghancurkan catatan keuangan yang memberatkan yang menunjukkan mereka menghabiskan jutaan dolar untuk hiburan mewah bagi anggota IOC.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)